Jensen Motors Siap ‘Hidupkan’ Kembali Interceptor

Jensen Motors Siap 'Hidupkan' Kembali Interceptor

Jensen Motors telah menghasilkan beberapa mobil sport terbaik dan paling dicintai di Inggris, namun semenjak ‘kebangkitan’ singkat mereka lebih dari satu dekade lalu, perusahaan tersebut belum memproduksi mobil lagi sejak dinyatakan bangkrut pada tahun 1976.

Dilansir dari Motor Authority, Jensen Motors Ltd adalah produsen mobil sport dan kendaraan komersial asal Inggris, yang awalnya berbasis di Lyng, West Bromwich, sebelah barat Birmingham. Didirikan oleh Richard dan Alan Jensen pada 1934, perusahaan ini akhirnya terpaksa gulung tikar pada 1976 karena pailit.

Jensen Motors Siap 'Hidupkan' Kembali Interceptor

Setelah beberapa upaya membangkitkan kembali perusahaan, pada Oktober 2013, Jensen Motors Limited sekali lagi didirikan. Berbasiskan di utara Oxfordshire, perusahaan baru Jensen ini berada dibawah kepemilikan Steve Barby dan Gregg Alvarez, dengan fokus sementara untuk menawarkan perbaikan, penjualan dan restorasi serta modernisasi mobil-mobil besutan Jensen sebelumnya.

Jensen Motors Siap 'Hidupkan' Kembali Interceptor

Beberapa waktu lalu, Jensen mulai membangun ulang salah satu model mobil mereka yang paling terkenal, Interceptor. Dibekali mesin Buick V-8 berkapasitas 6.276 cc, mobil grand tourer berkapasitas empat penumpang ini menampilkan coachwork dari Carrozzeria Touring serta sentuhan tradisional Inggris pada interiornya, dan diproduksi sebanyak 6.408 unit hingga 1976.

Jensen Motors Siap 'Hidupkan' Kembali Interceptor

Interceptor ini merupakan salah satu dari sekitar delapan model lawas yang akan diproduksi ulang oleh Jensen Motors Ltd, dalam rangka merayakan ulang tahun ke-80 pabrikan Inggris tersebut tahun ini. Selain itu, produksi ulang ini juga dimaksudkan sebagai upaya pelestarian mobil-mobil Jensen dan sejarahnya.

Jensen Motors Siap 'Hidupkan' Kembali Interceptor

Perusahaan Jensen yang sebelumnya memiliki rencana untuk memproduksi model baru yang disebut All-New Interceptor pada tahun 2011. Namun, Steve Barby dan Gregg Alvarez belum berniat untuk meluncurkan model terbaru tahun ini, dan memilih untuk mereproduksi delapan prototipe mobil Jensen yang pernah diproduksi untuk merayakan hari jadi Jensen yang ke-80.

Jensen Motors Siap 'Hidupkan' Kembali Interceptor

Model produksi terakhir Jensen adalah S-V8, sebuah roadster bermesin Ford V-8 berkapasitas 4.6-liter, yang dibuat sebagai upaya membangkitkan kembali perusahaan di tahun 2001-2002 silam. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)