Kejurnas Sprint Rally 2017 Siap Dimulai 8-9 April Mendatang

Kejurnas Sprint Rally 2017 Siap Dimulai 8-9 April Mendatang

Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk organisasi yang mengawasi segala jenis perlombaan otomotif telah menetapkan bahwa Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally musim kompetisi 2017 putaran pertama akan segera dilangsungkan di Sirkuit Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Sentul, Jawa Barat, pada tanggal 8 dan 9 April 2017 mendatang.

IMI sendiri memberikan beberapa pembaruan demi menjadikan Kejurnas Sprint Rally 2017 semakin kompetitif dan bergengsi. “Salah satu hal penting yang perlu disampaikan kepada semua adalah mengenai perolehan poin di Kejurnas Sprint Rally. Tahun ini, Kejurnas Sprint Rally mengaplikasikan peraturan baru, yaitu seluruh peserta akan mendapatkan satu poin setiap mereka finish di satu Special Stage (SS),” ungkap Rifat Sungkar, Direktur Rally dan Sprint Rally IMI Pusat.

Kejurnas Sprint Rally 2017 Siap Dimulai 8-9 April Mendatang

Sementara itu, untuk para pemenang di setiap putaran Kejurnas Sprint Rally 2017, perolehan poin yang akan mereka dapatkan adalah; Juara 1 mendapatkan 10 poin, Juara 2 mendapatkan 6 poin, Juara 3 mendapatkan 4 poin, Juara 4 mendapatkan 3 poin, Juara 5 mendapatkan 2 poin dan Juara 6 mendapatkan 1 poin.

Poin-poin di atas tentunya akan ditambah dengan poin per SS yang didapat oleh para peserta berprestasi. Rifat menambahkan, “Jadi tidak akan ada perjuangan yang sia-sia di setiap SS, karena setiap SS bisa menghasilkan poin penting bagi seluruh peserta. Misalkan seorang peserta mengikuti empat SS, ia sudah berhak mengantongi empat poin.

“Jika ia keluar menjadi juara satu di putaran tersebut, otomatis poin yang dikantongi sebesar 14. Inilah salah satu bentuk upaya kami untuk menjadikan persaingan di Kejurnas Sprint Rally lebih ketat lagi dan bisa memicu kehadiran peserta menjadi semakin banyak dan beragam,” lanjutnya.

Seperti yang telah diinfokan sebelumnya, IMI Pusat telah memutuskan akan mengadakan Kejuaraan Nasional untuk Kelas Non-Seeded. Rifat menegaskan bahwa Juara Nasional untuk kelas Non Seeded nantinya akan dihitung dari jenis kendaraan apapun yang digunakan oleh peserta. “Hal ini tentunya kami lakukan karena yang diperlukan adalah menentukan reputasi seorang pereli. Kami perlu melihat bagaimana skill dan konsistensinya dalam berlomba, bukan dari jenis mobil yang mereka gunakan.”

Kejurnas Sprint Rally 2017 Siap Dimulai 8-9 April Mendatang

Bagi peserta yang mengikuti Kejurnas Sprint Rally 2017 sebanyak lebih dari empat putaran, maka poin mereka akan terus ditambahkan hingga mendapatkan poin tertinggi. “Kami melihat bahwa seseorang dengan antusiasme dan dedikasi yang tinggi terhadap kancah sprint rally berhak memiliki peluang yang lebih besar untuk keluar sebagai Juara Nasional, maka dari itu sistem penambahan poin seperti ini perlu diberlakukan,” pungkas Rifat. **MS/ Foto-foto: Dok. Otoblitzclassic

TAGS

KOMENTAR (0)