Kolaborasi Paspampres, Mercedes-Benz Gelar ‘Guard Driver Training 2017’

Kolaborasi Paspampres, Mercedes-Benz Gelar 'Guard Driver Training 2017'

Pada tanggal 26-28 September 2017 yang lalu, Mercedes-Benz berkolaborasi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menggelar pelatihan ‘Mercedes-Benz Guard Driver Training 2017‘ di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta, dengan menggunakan lima unit kendaraan Mercedes-Benz terbaru dari tipe mobil E 250, E 300, S 400 L, GLE 250 d dan GLE 400.

Program ini bertujuan untuk melatih seluruh anggota Paspampres yang terlibat langsung dengan operasional kendaraan Kepresidenan, agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengoperasikan mobil-mobil Mercedes-Benz sebagai kendaraan resmi Kepresidenan.

Kolaborasi Paspampres, Mercedes-Benz Gelar 'Guard Driver Training 2017'

“Mercedes-Benz sangat bangga dan merupakan suatu kehormatan dapat berkolaborasi dengan Paspampres untuk menggelar Guard Driver Training 2017. Hal ini kami lakukan agar jika suatu saat nanti terjadi masalah di tengah jalan, baik itu masalah teknis dari kendaraan kami maupun ancaman dari pihak luar,” ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, dalam rilis yang diterima Otoblitz.net, Kamis (5/10).

“Pasukan Paspampres sudah terlatih dan dapat mengatasinya dengan baik serta bertindak sesuai standard prosedur keselamatan yang sudah ditetapkan. Mereka juga telah kami bekali pengetahuan khusus mengenai spesifikasi masing-masing kendaraan Kepresidenan yang digunakan,” imbuhnya.

Kolaborasi Paspampres, Mercedes-Benz Gelar 'Guard Driver Training 2017'

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari tersebut terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pengenalan teori dan sesi praktek mengemudi di lapangan. Adapun sesi teori dilakukan di dalam tenda pasukan Paspampres dan dipimpin langsung oleh Matthias Kleinmichel, Chief Instructor, Mercedes-Benz Guard Driver Training.

Dalam sesi teori tersebut, para personel Paspampres dibekali pengetahuan dasar tentang sejarah kendaraan-kendaraan Mercedes-Benz yang telah digunakan sebagai kendaraan resmi pengamanan Presiden dan juga pengetahuan tentang detail spesifikasi dan teknologi terbaru dari masing-masing tipe mobil yang digunakan.

Kolaborasi Paspampres, Mercedes-Benz Gelar 'Guard Driver Training 2017'

Sedangkan dalam sesi praktik mengemudi di lapangan, terbagi menjadi beberapa sesi diantaranya: emergency braking, emergency braking and swerving manoeuvre, lane change dan handling parcours. Keempat sesi tersebut merupakan standar dari pelatihan Mercedes-Benz Guard Driver Training dan para pasukan Paspampres ‘melahap’ semua sesi tersebut dengan baik dan dapat merasakan pengalaman langsung dengan situasi yang dibuat sedemikian rupa sama sengan situasi yang akan mereka hadapi di lapangan.

“Tujuan dari diselenggarakannya pelatihan Guard Driver Training para pengemudi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengemudi dari para partisipan pelatihan dalam usahanya untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan dari penumpang VVIP yang dibawanya didalam kendaraan,” tutur Matthias Kleinmichel.

Kolaborasi Paspampres, Mercedes-Benz Gelar 'Guard Driver Training 2017'

“Selain itu, kami juga melatih para pengemudi untuk dapat mengatasi situasi berbahaya dengan baik, untuk menghindari situasi yang lebih kritis,” pungkasnya. **MS/ Foto-foto: Dok. Mercedes-Benz Indonesia

TAGS

KOMENTAR (0)