Konsumsi BBM Mitsubishi New Mirage Capai 24.2 Km/Liter

Konsumsi BBM Mitsubishi New Mirage Capai 24.2 Km/Liter

Konsumsi bahan bakar kendaraan merupakan salah satu faktor yang sangat diperhatikan oleh para pemilik kendaraan dan juga pihak pabrikan otomotif. Guna memberikan angka yang akurat terkait konsumsi bahan bakar Mitsubishi New Mirage, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), bekerja sama dengan Lembaga Teknologi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (LEMTEK UI), melakukan pengetesan konsumsi bahan bakar New Mirage dalam acara bertajuk ‘Uji Irit Bahan Bakar Mitsubishi New Mirage‘.

Pengujian New Mirage, yang diluncurkan pada 26 Juli 2016 lalu, telah dilaksanakan pada 26-27 Oktober 2016 dan menunjukkan hasil konsumsi bahan bakar 1 liter berbanding 24.2 km untuk transmisi manual, dan 1 liter berbanding 22 km untuk transmisi otomatis.

Konsumsi BBM Mitsubishi New Mirage Capai 24.2 Km/Liter

“Dengan hasil yang telah didapatkan, terbukti bahwa New Mirage dengan segala pengembangan terbarunya tetap berhasil mempertahankan keunggulan efisiensi bahan bakarnya, yang tentunya menjadi nilai tambah yang baik sebagai referensi untuk para konsumen kami di Indonesia,” ujar Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB dalam pidatonya di acara penyerahan sertifikat (certificate handover ceremony), pada 7 November lalu di kantor KTB.

Pengujian yang dilakukan oleh LEMTEK UI melibatkan 6 unit New Mirage varian Exceed (2 unit), GLS (1 unit), dan GLX (1 unit), di kondisi berkendara yang sesungguhnya, meliputi jalan perkotaan, luar kota, jalan bebas hambatan (tol), dan jalan berbukit dalam area Jakarta, Ciawi, Puncak, Bandung, dan Purwakarta dengan total jarak tempuh 407 km. Pengemudi dari kendaraan yang diuji seluruhnya adalah anggota dari LEMTEK UI.

Konsumsi BBM Mitsubishi New Mirage Capai 24.2 Km/Liter

“Dari hasil pengujian, memang terdapat variasi angka yang diperoleh. Salah satu yang berkontribusi terhadap deviasi tersebut adalah karakter pengemudi. Tetapi perbedaan tersebut masih dalam range wajar untuk eco-driving,” ujar Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M. Eng, Direktur Lembaga Teknologi Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

“Pada pengujian kali ini, kami murni melakukan uji konsumsi BBM secara teori keilmuan dan tidak membandingkan dengan data yang tertera pada MID kendaraan. Untuk BBM, seluruh kendaraan yang kami uji menggunakan bensin beroktan 92, sesuai dengan spesifikasi kendaraan,” imbuh Bambang. Yang cukup menarik, para mahasiswa penguji New Mirage justru menemukan hal unik pada saat pengujian. Salah satunya dialami oleh Alfian Ibnu Pratama, salah satu mahasiswa anggota LEMTEK UI yang menjadi penguji New Mirage bertransmisi manual.

Konsumsi BBM Mitsubishi New Mirage Capai 24.2 Km/Liter

“Sesuai prosedur, kami menerapkan prinsip eco driving dengan mengatur batas kecepatan tertinggi sekitar 60 km/jam dan melakukan perpindahan gigi transmisi pada putaran mesin 2.000-2.200 rpm. Namun pada putaran mesin tersebut, tarikan mesin terasa berat dan konsumsi BBM justru kurang efisien. Lalu saya mencoba untuk menaikkan laju kendaraan hingga kisaran kecepatan 70-75 km/jam dan melakukan perpindahan gigi transmisi pada putaran mesin 2.400-2.600 rpm. Hasilnya, tarikan mesin terasa lebih ringan dan konsumsi BBM pun jauh lebih irit dari hasil yang diperoleh sebelumnya,” ujar Alfian. **MS/ Foto-foto: Aditya H


<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/zt2P3ECLbKc” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

TAGS

KOMENTAR (0)