Lee A. Iacocca, “Ayah” Mustang Tutup Usia di 94 Tahun

Lee A. Iacocca, "Ayah" Mustang Tutup Usia di 94 Tahun

Para penggemar Ford Mustang tengah berduka, sebab Lee A. Iacocca, sebagai perancang dan pengembang Mustang, serta penyelamat Chrysler dari kebangkrutan hari Selasa kemarin (2/7) dikabarkan telah tutup usia pada 94 tahun.

Iacocca merupakan imigran Italia yang lahir di Allentown, Pennsylvania. Karir di bidang otomotif dimulai tahun 1946 ketika menerima pekerjaan sebagai ahli mesin di Ford Motor Company.

Lee A. Iacocca, "Ayah" Mustang Tutup Usia di 94 Tahun

Kemampuannya memimpin tim menghasilkan kreasi pertamanya Ford Mustang tahun 1964. Mustang yang digemari kaum muda saat itu membuat dirinya meroket sebagai CEO tahun 1970.

Sayangnya, baru menginjak delapan tahun memimpin, Henry Ford II mencoretnya dari posisi. Beruntung, Chrysler menerimanya sebagai CEO tahun 1979 dan disaat begitu gentingnya Chrysler dari kebangkrutan.

Lee A. Iacocca, "Ayah" Mustang Tutup Usia di 94 Tahun

Kemampuan dirinya menyelematkan Chrysler, membuat Ronald Reagen sebagai Presiden Amerika saat itu mempercayakan Iacocca sebagai Chairman Statue of Liberty-Ellis Island Centennial Commission, mengumpulkan dana untuk restorasi Patung Liberty.

Iacocca pensiun dari Chrysler tahun 1992. Kabar dari Los Angeles Times bahwa meninggalnya Iococca akibat kompilasi penyakit Parkinson yang dideritanya.

KOMENTAR (0)