Lewis Hamilton Menangi F1 Grand Prix Italia 2017

Lewis Hamilton Menangi F1 Grand Prix Italia 2017

Lewis Hamilton dari tim Mercedes sukses meraih kemenangan mudah di ajang F1 Grand Prix Italia 2017, yang digelar di Sirkuit Monza. Dengan kemenangan ini, Hamilton sekaligus mengambil alih pimpinan klasemen dari Sebastian Vettel (Ferrari) pada hari Minggu (3/9) lalu.

Memanfaatkan pole position yang diraihnya secara fantastis pada ajang kualifikasi, Hamilton tak terkejar oleh pebalap lain untuk tetap berada di posisi paling depan sepanjang 53 lap di F1 GP Italia ini. Hanya Valtteri Bottas yang bisa meraih posisi paling dekat dengannya selama balapan, untuk finish kedua dengan jarak 4.4 detik dari Hamilton.

Lewis Hamilton Menangi F1 Grand Prix Italia 2017

Dominasi tim Mercedes di Sirkuit Monza sendiri sudah terprediksi sejak awal, dimana banyaknya lintasan lurus panjang dan downforce rendah akan sangat menguntungkan bagi performa mesin balap Mercedes.

Sementara Sebastian Vettel, meski tak mampu melawan Mercedes, berhasil menyelamatkan muka Ferrari di ‘kandangnya’ dengan finish di posisi ketiga. Posisi tersebut diraih dengan berjuang melewati Raikkonen, Ocon dan Stroll, serta dari tekanan Daniel Ricciardo yang mengancam di lap-lap akhir.

Lewis Hamilton Menangi F1 Grand Prix Italia 2017

Vettel finish dengan selisih 36.3 detik dari Hamilton. Ia bahkan gagal menyamai lap time Hamilton sepanjang balapan, dengan konsisten tertinggal lebih dari 0.4 detik dalam setiap lap.

Di posisi keempat, Ricciardo kembali tampil brilian setelah sebelumnya sempat tergusur ke baris belakang akibat penalti penggantian komponen mesin. Dengan lap pertama yang panjang, Red Bull berhasil bawa Ricciardo menyalip 12 pesaingnya selama balapan.

Lewis Hamilton Menangi F1 Grand Prix Italia 2017

Meninggalkan seri balapan di Eropa, Vettel kini tergeser ke posisi kedua klasemen dengan total 235 poin, dengan Hamilton berhasil memimpin pertama kalinya musim ini untuk unggul 3 poin dengan toal 238. Hasil 1-2 ini juga membuat Mercedes semakin nyaman di puncak klasemen konstruktor, unggul 62 poin dari Ferrari. **MS/ Foto-foto: Istimewa

TAGS

KOMENTAR (0)