Mazda B600 Jakarta, Klub Pecinta si Mazda ‘Kotak’

 

Mazda B600 Jakarta, Klub Pecinta si Mazda 'Kotak'

Ada yang bilang jika mobil baru bisa membuat orang lain ngiri, tapi mobil tua bisa membuat orang tersenyum. Ya, ungkapan tersebut mungkin benar adanya, setidaknya itu yang dirasakan oleh para anggota komunitas Mazda B600 Jakarta ini.

Ya, para pengguna dan pecinta mobil Mazda B 600 ini sering sekali membuat pengguna kendaraan lain tersenyum saat melintas di jalan. “Banyak pengguna mobil lain yang tersenyum dan bahkan mengacungkan jempol saat melihat kita,” ujar Muhammad Hafid, Ketua Mazda B600 Jakarta.

Mazda B600 Jakarta, Klub Pecinta si Mazda 'Kotak'

Komunitas ini terhitung telah berusia cukup ‘tua’, terbentuk sekitar bulan Agustus 1976 silam. Namun, pada 2008 mereka sempat vakum selama 4 tahun lamanya, dikarenakan memang jumlah mobilnya semakin lama semakin berkurang. Barulah sekitar tahun 2012 mereka kembali aktif, seiring bergabungnya mereka dalam Indonesia Mazda Auto Club (I-MAC), wadah besar yang memayungi seluruh klub/komunitas pengguna Mazda di Indonesia.

Mazda B600 Jakarta, Klub Pecinta si Mazda 'Kotak'

“Saat bergabung ke dalam I-MAC itulah, kita sering diajak untuk mengikti berbagai acara,” ujar pria yang akrab disapa Apin ini.

Apin mengatakan, ia jatuh cinta dengan mobil mungil ini, tak kala melihat bentuknya yang mungil dan memang tak lazim seperti mobil pada umumnya. Belum lagi sensasi classic yang ditawarkannya, yang bisa membuat orang terkenang akan masa lalu.

Mazda B600 Jakarta, Klub Pecinta si Mazda 'Kotak'

Namun, walaupun tergolong mobil tua, Mazda B600 ini menurut Apin masih bisa diajak menempuh perjalanan jarak jauh. Ini rupanya juga telah dibuktikan oleh komunitas mereka, saat mengadakan turing ke berbagai kota seperti Anyer, Bandung, hingga Lampung. “Penyakit mobil ini biasanya hanya di masalah rem,” ujar Apin.

Nah, urusan spare part memang diakui Apin sudah cukup sulit untuk dicari, namun hal ini masih bisa disiasati dengan menggunakan spare part mobil lain. “Asal tahu caranya, masih bisa kok di-kanibalin,” kata Apin.

Mazda B600 Jakarta, Klub Pecinta si Mazda 'Kotak'

Mobil yang biasa disebut atau dikenal masyarakat umum sebagai Mazda ‘Kotak’ ini, pertama kali diproduksi sekitar tahun 1962. Tahun ’70 hingga ’80-an, Mazda Kotak banyak terlihat berseliweran di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, keberadaan mobil klasik ini pun mulai berkurang, lantaran spare part-nya yang juga mulai sulit dicari. Tak heran, akhirnya banyak Mazda Kotak yang bernasib tragis: berakhir di sebuah lokasi kampakan. **MS

TAGS

KOMENTAR (1)

  1. rico ceper
    9 August 2018

    hallo mas2,,sy Rico Ceper,sy berminat ingin punya/beli mazda kotak sabun,bs kah sy dibantu dimn bs liat n kalo cocok mau beli? bs hub sy di 0823.08238891,(rico ceper)