Medan Jadi Episentrum Bikers Rayakan 2 Gelaran Akbar

Medan Jadi Episentrum Bikers Rayakan 2 Gelaran Akbar

Lapangan Benteng, Medan, selama empat hari, (29/11-2/12) menjadi episentrum bikers dari berbagai daerah untuk memeriahkan Indonesia International Bikers Gathering (IIBG) 2018.

IIBG merupakan gabungan dua event berskala nasional yakni Sumatera Bike Week (SBW) 2018 sebagai gelaran dua tahunan Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI). Kemudian perayaan 15 tahun Xtrim Sumatera Xpedition yang sudah ke delapan kali bikin gelaran, disingkat X8.

Pihak panitia memastikan berbagai komunitas motor besar hingga motor ber-cc kecil juga ikut memeriahkan Indonesia International Bikers Gathering. Sebab mereka tertarik dengan wisata dan makanan khas dari Sumatera Utara.

Medan Jadi Episentrum Bikers Rayakan 2 Gelaran Akbar

Saat pembukaan acara, dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa “Ijeck” Rajekshah yang juga menjabat sebagai Ketua Umum HDCI Sumut, Ketua Umum HDCI, Komisaris Jendral Polisi (Purn.), Drs. H. Nanan Soekarna dan Ketua Umum XTrim Indonesia Musa “Doddy” Idhishah.

“Selamat datang di Medan, Sumatera Utara. Ayo promosikan wisata yang ada di Sumatera Utara dan juga makanan khasnya yang sudah disiapkan panitia penyelenggara dengan menyediakan konten Festival Kuliner dan Kopi Ulahan khas Sumatera Utara,” ujar Ijeck.

Sementara Nanan Soekarna mengatakan “Komunitas motor seperti HDCI, harusnya bisa menjadi bagian mensukseskan program pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Baik dari sektor pariwisata maupun sosial dan budaya.”

Medan Jadi Episentrum Bikers Rayakan 2 Gelaran Akbar

Ditambahkan oleh Humas HDCI Sumut sekaligus Humas IIBG 2018, Dedy Dermawan, panitia menggandeng Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara untuk promosikan aneka kuliner dan kerajinan khas Medan.

“Memanfaatkan event otomotif berskala IIBG ini memungkinkan menambah Pendapatan Daerah. berdasarkan pengalaman adanya gelaran otomotif di suatu daerah ada perputaran uang besar selama acara berlangsung,” jelas Dedy.

“Tentunya tidak lupa memberikan manfaat langsung kepada warga sekitar seperti mengadakan sunatan massal kepada 150 anak yatim, penanaman pohon aren di Aek Nauli, pelepasan bibit ikan di Danau Toba dan juga memberikan bantuan peralatan olahraga dan komputer di setiap sekolah di desa yang disinggahi peserta,” ujar Faisal Arief Nasution Ketua Panitia.

Penyelenggara Indonesia International Bikers Gathering 2018 dan juga Ketua IMI Pengprov Sumut didampingi Tengku Rinel selaku Ketua HDCI Medan.

XTrim Sumatera Xpedition atau X8 awalnya hanya membatasi 1.000 peserta tapi kali ini nggak bisa ditahan hingga harus nambah 500 peserta lagi sehingga jadi 1.500. Jumlah itu di luar 20 peserta asal luar negeri seperti Australia, Spanyol, Brasil, Singapura dan Malaysia.

“Pada penyelenggaraan kali ini, XTrim Indonesia juga akan merayakan hari jadi ke-15. Seremonial akan dibuat spesial, yakni pemotongan kue ulang tahun sepanjang 15 meter di lokasi acara sambil menunggu doorprize satu unit rumah,” sebut Musa “Doddy” Idhisah selaku Ketua Umum XTrim Indonesia.

IIBG 2018 memang beda dari gelaran kumpul bikers umumnya. Selian dibarengi Festival Kuliner dan Kopi Ulahan, penyelenggara juga mengemas aneka lomba lain, seperti modeling, menggambar dan mewarnai, membatik, lomba foto, fun walk dan juga fun bike.

KOMENTAR (0)