Mitsubishi Resmikan Pabrik Baru di Cikarang

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) meresmikan pabrik terbarunya di Indonesia dengan nilai investasi 65 miliar Yen ($565 juta), yang memiliki fasilitas manufaktur terbaik dan akan mempekerjakan 3.000 orang serta memiliki kapasitas produksi 160.000 unit per tahun pada kapasitas penuh.

Acara peresmian pabrik terbaru Mitsubishi di Indonesia dan regional ASEAN ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; Chairman of MMC, Carlos Ghosn; dan CEO MMC, Osamu Masuko.

Pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri GIIC Deltamas, Kabupaten Bekasi ini mulai beroperasi setelah proses pembangunan selama dua tahun yang didukung oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) ini selesai. MMKI merupakan pabrik yang didirikan bersama oleh MMC, Mitsubishi Corporation (MC), dan PT Krama Yudha (KY) sebagai mitra di Indonesia. Pabrik baru ini akan memproduksi SUV Mitsubishi Pajero Sport, kemudian dilanjutkan oleh MPV 7-seater baru dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Colt L300.

Carlos Ghosn, Chairman of MMC and the Renault-Nissan Alliance mengatakan, pabrik ini merupakan representasi kepercayaan diri perusahaan di ASEAN khususnya Indonesia, dan pada prospek perkembangan Mitsubishi Motors. “Kami bangga dapat turut menciptakan lapangan kerja dan berinvestasi di salah satu wilayah dan kekuatan ekonomi terbesar yang akan menjadi basis produksi dan ekspor yang kuat untuk aliansi kami yang sedang berkembang,” kata Carlos dalam rilis resminya yang diterima Otoblitzclassic, Selasa (25/4).

Sementara Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors menambahkan bahwa fasilitas perakitan Bekasi merupakan simbolisasi ambisi kami untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia, dimana pabrik ini akan memproduksi kendaraan best-selling Pajero Sport dan MPV baru untuk memenuhi permintaan akan kendaraan penumpang berkualitas tinggi, tangguh dan dapat diandalkan.

“Hal ini memungkinkan kami untuk mengembangkan porsi pasar dimana kami telah berada selama lebih dari 45 tahun,” jelas Osamu. “Pembukaan pabrik di Bekasi ini merupakan bagian dari strategi pengembangan bisnis MMC di wilayah ASEAN, dimana MMC juga memproduksi kendaraan di Thailand dan Filipina.”

Pengembangan bisnis MMC di Indonesia merupakan kelanjutan dari investasi untuk penambahan kapasitas produksi di Thailand dan Filipina dalam beberapa tahun terakhir, memanfaatkan pembangunan jangka panjang di wilayah ASEAN. MMC diharapkan dapat berkontribusi melalui keahliannya pada produk SUV, truk pick-up dan pasar ASEAN untuk aliansi global Renault-Nissan. Dengan bergabungnya MMC, aliansi ini telah menjadi grup otomotif terbesar ketiga di dunia dengan penjualan kurang lebih 10 juta unit per tahun. **MS/ Foto-foto: Dok. MMKI

TAGS

KOMENTAR (0)