Mitsubishi Tutup Pabrik di Cikarang Hingga Juni 2020

Mitsubishi Tutup Pabrik di Cikarang Hingga Juni 2020

Mitsubishi ikut menutup pabrik mereka di Indonesia pada masa pandemi virus corona (Covid-19) tepatnya sejak bulan lalu. Pabrik tersebut baru akan dibuka lagi pada awal Juni. Seperti diketahui, sejak April kemarin beberapa merek besar menutup sementara pabrik mereka di Tanah Air. Di antara yang mengumumkannya adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, maupun Hino.

Alasan yang mereka kemukakan terbagi menjadi dua. Jika bukan karena stok di dealer yang berlebih karena penjualan turun drastis dimasa pandemi, alasannya ialah karena penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di banyak daerah yang mewajibkan banyak aktivitas bisnis tutup atau dilakukan dari rumah.

Mitsubishi Tutup Pabrik di Cikarang Hingga Juni 2020

Baru belakangan ini, Mitsubishi diketahui menghentikan sementara pula operasional pabrik. Adapun alasannya adalah yang kedua, yaitu akibat PSBB. Aditya Wardani, Head of PR and CSR Department PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, sejak PSBB di Bekasi, Jawa Barat pabrik MMKI (PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia) sudah berhenti beroperasi sementara dan sampai saat ini masih berlangsung.

Sementara Prianto, Director HR and GA MMKI menambahkan bahwa masa penutupan pabrik diputuskan lebih lama dari rencana awal. Ada dua hal yang menjadi pertimbangan. “Pertimbangannya adalah berdasarkan update terakhir mengenai pandemi Covid-19 dan juga mempertimbangkan ketidakpastian pasar otomotif di Indonesia serta ekspor yang belum pulih,” ujar dia.

Mitsubishi Tutup Pabrik di Cikarang Hingga Juni 2020

Manajemen MMKI memutuskan pabrik baru kembali aktif setelah libur Lebaran dan setelah PSBB selesai. Adapun tanggalnya adalah pada 2 Juni mendatang.“Penghentian sementara produksi akan dilakukan sampai dengan 20 Mei 2020. Sebagai tambahan, MMKI akan berada pada periode libur Idul Fitri mulai tanggal 21 Mei sampai dengan 1 Juni 2020,” jelas Prianto.

KOMENTAR (0)