Mobil Listrik ‘Blits’ Alami Kecelakaan, Nekat Lanjutkan Perjalanan

Mobil Listrik 'Blits' Alami Kecelakaan, Nekat Lanjutkan Perjalanan

Mobil Listrik “Blits” karya Budi Luhur-ITS akhirnya memasuki Kota Medan, Sumatera Utara. Dengan begitu perjalanan PLN Blits Explore Indonesia memasuki kota keenam dengan menempuh perjalanan sejauh 3.584 km, yang sebelumnya memulai perjalanan dari Surabaya, Jakarta, Bengkulu, Palembang, Padang dan Medan.

Cerita duka Blits kali ini pun menghampiri saat akan memasuki Kota Medan. Rintangan yang dihadapi mobil listrik ini memang tidak mudah. Blits mengalami kecelakaan tabrakan beruntun yang melibatkan mobil Crew PLN Blits Explore Indonesia.

Mobil Listrik 'Blits' Alami Kecelakaan, Nekat Lanjutkan Perjalanan

Seperti yang dilansir dari keterangan resmi yang didapatkan OtoBlitz.net, Blits mengalami kecelakaan di 60 km sebelum memasuki kota Medan dengan menabrak mobil patwal yang berada di depannya. Tiba-tiba pada kecepatan 50-60 km/jam mobil patwal rem mendadak menghindari mobil pengguna jalan lainnya yang berada di depannya. Seketika Blits tertabrak dari belakang oleh Kasuari hingga terdorong ke depan menabrak mobil patwal yang di depan Blits.

Setelah kejadian itu mobil listrik Blits dan Kasuari langsung di towing menuju bengkel rekanan di Medan untuk perbaikan. “Kerusakan terparah terjadi pada Blits karena bagian depan menabrak patwal dan belakang ditabrak oleh Kasuari. Tetapi Insiden ini tidak menyurutkan semangat tim PLN Blits Explore Indonesia untuk menyelesaikan misi keliling nusantara sejauh 15.000km,” jelas  ungkap Yoga Uta Nugraha, Project Leader Blits.

Mobil Listrik 'Blits' Alami Kecelakaan, Nekat Lanjutkan Perjalanan

Sampai berita ini diturunkan mobil listrik Blits sedang mengalami perbaikan dan masih bisa diatasi oleh tim Blits, dan yang paling penting motor listrik dan baterai Blits tidak mengalami masalah dalam insiden ini. Sedangkan mobil listrik Kasuari sudah bisa jalan normal seperti biasa, dan dalam beberapa hari kedepan  Blits dan Kasuari mampu melanjutkan perjalanan ke Aceh dan 0km Sabang.

Mobil Listrik 'Blits' Alami Kecelakaan, Nekat Lanjutkan Perjalanan

Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti , Kasih Hanggoro menambahkan,”Dalam insiden kecelakaan ini yang penting Crew PLN Blits Explore Indonesia dalam keadaan selamat.  Crew Blits di lapangan bisa mengatasi masalah ini, dan tetap semangat dalam PLN Blits Explore Indonesia. Ini bisa menjadikan pengalaman berarti bagi tim Blits untuk misi PLN Blits Explore Indonesia, dan menuju Rally Dakar paling ganas di dunia,” jelas Pria yang pernah mengikuti Rally Dakar di Argentina ini.

Blits (Budi Luhur – ITS) itu sendiri didesain untuk Rally Dakar Argentina mulai dari tubular sasis, bentuk bodi, electric motor, sampai dengan ketahan baterai. Projek Blits merupakan inovasi mobil listrik yang dilahirkan dari anak bangsa sendiri, yang bisa dikenal oleh dunia.  Maka ditargetkan untuk mengikuti Rally Dakar yang merupakan rally paling ganas di dunia. Harapannya Blits bisa mengikuti Rally Dakar dengan spesifikasi canggih dan ketahanan yang mumpun.

Mobil Listrik 'Blits' Alami Kecelakaan, Nekat Lanjutkan Perjalanan

Sebelum mengikuti Rally Dakar, mobil listrik Blits (Budi Luhur – ITS) akan melakukan uji coba jelajah nusantara dengan tema “PLN Blits Explore Indonesia”. Perjalanan Nusantara ini akan menempuh jarak 15.000 km, yang dimulai dari ITS Surabaya, Budiluhur Jakarta, Palembnag, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak (Pulau Kalimantan), Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makasar (Pulau Sulawesi), Kendari, Manado, Ternate, Sorong (Papua), Manokwari, Jayapura, Marauke, Kupang, Labuan Bajo, Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi, dan finish di Surabaya.

Jelajah Sumatera ini Blits melakukan pengisian baterai di Rayon PLN yang berada di setiap Kabupaten atau Kota. PLN  Blits Explore Indonesia ini  bekerjasama dengan PLN untuk pengisian baterai, dan sangat  terbantu karena PLN telah siapkan alat pengisian baterai di setiap rayon Kabupaten atau Kota yang  didatangi dan melakukan pengisian baterai Blits setelah menempuh perjalanan 150-200km, dengan lama pengisian sekitar 4 – 8 jam.

Mobil Listrik 'Blits' Alami Kecelakaan, Nekat Lanjutkan Perjalanan

Selain itu PLN Blits Explore Indonesia juga diikuti oleh mobil hybrid series KASUARI untuk menjelajah Nusantara sejauh 15.000km. Universitas Budiluhur dan ITS dalam perjalanan ini menggandeng beberapa pihak seperti PT PLN, PT Pertamina, Kemenristekdikti, dan PT Godyear Indonesia.

 

 

KOMENTAR (0)