Mobil Transmisi Matic Bersuara Kasar? Ini Penyebabnya

Mobil Transmisi Matic Bersuara Kasar? Ini Penyebabnya

Pilihan menggunakan mobil dengan transmisi matic saat ini lumrah bagi masyarakat di kota-kota besar. Penggunaan yang praktis dan nyaman dianggap menjadi pilihan sangat tepat karena mengurangi kerepotan dan capek atau pegal dibanding mobil transmisi manual.

Tetapi sayangnya, tidak jarang transmisi matic menjadi terasa lebih kasar setelah kendaraan ini digunakan untuk perjalanan yang jauh, Seperti halnya penggunaan saat melakukan perjalanan liburan ke luar kota.

Apa penyebabnya?
Seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, ada beberapa penyebab transmisi matic menjadi terasa lebih kasar, tapi salah satu yang paling umum adalah oli transmisi yang sudah tidak diganti. Anda harus tahu bahwa Oli transmisi adalah nyawa bagi transmisi matic karena pada saat perpindahan gigi, transmisi matic mengandalkan tekanan oli.

Oli transmisi yang sudah lama tidak diganti akan mengandung endapan atau residu yang berisiko menyebabkan lubrikasi komponen girboks berkurang dan menjadikan timbulnya gejala kasar, terutama setelah dikendarai untuk perjalanan jauh.

Bagaimana mencegahnya?
Sebelum melakukan perjalanan jauh, bawalah kendaraan matic Anda ke bengkel untuk melakukan penggantian oli transmisi jika memang sudah lama Anda tidak menggantinya. Tidak hanya melakukan penggantian oli transmisi, Anda juga bisa meminta mekanik handal di bengkel juga akan mengecek kondisi kendaraan secara menyeluruh agar perjalanan jauh yang akan Anda tempuh akan lebih aman dan nyaman.

 

KOMENTAR (0)