Modifikasi BMW S 1000 RR Ikut Balapan FIM EWC

Modifikasi BMW S 1000 RR Ikut Balapan FIM EWC

BMW Motorrad World Endurance Team menunjukkan kesiapannya atas keseriusan BMW Motorrad Motorsport dalam menyiapkan BMW S 1000 RR terbaru untuk ikut FIM EWC.

Steven Casaer yang bertanggung jawab sebagai Technical Coordinator of the BMW Motorrad World Endurance Team. Wajar bila S 1000 RR memakai nomor #37, sebagai perwakilan perusahaannya EMC37 yang telah memetik kesuksesan bertahun-tahun di balapan daya tahan.

Modifikasi BMW S 1000 RR Ikut Balapan FIM EWC

S 1000 RR bernomor #37 tersebut akan mempercayakan tiga pembalap utama Kenny Foray, Julian Puffe dan Ilya Mikhalchik. Sementara Bastien Mackels duduk di bangku cadangan.

Sedianya akhir pekan ini akan langsung ikutan di balap ketahanan 24 jam Bol d’Or di Perancis akhir pekan ini, 21 September.

Modifikasi BMW S 1000 RR Ikut Balapan FIM EWC

Penanganan khusus telah dilakukan di S 1000 RR agar sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh FIM untuk balapan di Bol d’Or selama 24 tahun.

Agar tak sering masuk paddock mengisi bahan bakar, bagian tangki diperbesar kapasitasnya menampung bensin tapi tetap mempertahankan keseimbangan motor.

Modifikasi BMW S 1000 RR Ikut Balapan FIM EWC

Selain itu ubahan pada bagian kaki-kaki terutama pada hub roda untuk mempermudah penggantian ban. Sebab biasanya balapan selama 24 jam terjadi perubahan cuaca yang tak diduga.

Tak ketinggalan sistem kelistrikan telah disesuaikan untuk balapan khusus FIM EWC. Kemudian komponen mesin dibuat lebih kuat dengan penggunaan material pilihan dan juga tetap irit dalam penggunaan bahan bakar.

Sejauh ini Marc Bongers, BMW Motorrad Motorsport Director mengakui puas bahwa persiapan yang singkat namun berkualitas dalam menyiapkan tim balap untuk ikuti Bol d’Or.

Modifikasi BMW S 1000 RR Ikut Balapan FIM EWC

“Werner Daemen beserta timnya, Dunlop dan BMW Motorrad Motorsport telah mempersiapkan dengan baik dalam beberapa bulan terakhir mengemas BMW S 1000 RR untuk seri pembuka,” ujar Bongers.

“S 1000 RR ini masih dalam tahapan awal penyempurnaan dalam pengembangan dan bagi tim hal ini terhitung baru. Karena itu, dengan mengikuti balapan ekstrim seperti Bol d’Or mampu mengoptimalkan motor untuk hadapi balapan 24 jam,” bebernya.

BMW Motorrad World Endurance Team sepanjang musim FIM EWC akan menggunakan segala data dari sirkuit dan juga karakter pembalap untuk kesempurnaan S 1000 RR selangkah demi selangkas. [KCH]

KOMENTAR (0)