MotoGP Assen 2021, Quartararo ‘Asapi’ Vinales

MotoGP Assen 2021, Quartararo 'Asapi' Vinales

Hasil MotoGP Belanda 2021 berhasil dimenangkan oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Kemanangan ini merupakan keempat kalinya yang diraih Quartararo selama 9 seri balapan MotoGP 2021. Di belakang Quartararo ada sang rekan Maverick Vinales yang terus membuntuti. Untuk posisi ketiga ada Joan Mir dari Suzuki Ecstar.

Sementara itu nasib sial menimpa Valentino Rossi (Yamaha Petronas SRT) yang dan tidak bisa melanjutkan balapan. Adapun Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) harus terkena penalti lap panjang dan membuatnya tercecer di posisi 6. Kemudian Marc Marquez (Repsol Honda) berhasil mengamankan tempat di belakang Bagnaia.

MotoGP Assen 2021, Quartararo 'Asapi' Vinales

Jalannya Balapan

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang memulai balapan dari posisi kedua langsung merangsek ke urutan terdepan menyalip rekan segarasinyaMaverick Vinales yang meraih pole position. Vinales terlempar ke posisi empat, sedangkan urutan kedua ditempati oleh Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) di belakangnya.

Tempat Quartararo tidak bertahan lama setelah Bagnaia sanggup menyalipnya di penghujung lap pertama. Bagnaia pun berhasil merebut lap pertama dengan berdiri paling depan, Quartararo terus membuntuti, Nakaagami ketiga dan Vinales keempat. Sementara itu Valentino Rossi yang mengawali start dari posisi 12 kini terlempar di posisi 21.

Terjadi adu cepat antara Bagnaia dan Quartararo saat memasuki laps ke empat. Quartararo yang berhasil menyalipnya di tikungan gagal mempertahankan tempatnya. Bagnaia kembal menyalip Quartararo di jalan lurus. Vinales sendiri sedang mempertahankan posisinya di urutan keempat dari kejaran dari Johann Zarco (Pramac Racing).

MotoGP Assen 2021, Quartararo 'Asapi' Vinales

Laps ketujuh, Quartararo akhirnya melewati Bagnaia yang sedikit melambatkan motornya. Pembalap asal Prancis ini pun tidak berhasil menjaga posisi terdepan. Kemudian Joan Mir (Suzuki Ecstar) naik ke posisi lima menyalip Zarco. Menariknya pada laps ini, Quartararo berhasil melesat menjauh dari Bagnaia dan membuat jarak keduanya cukup lumayan.

Laps kesembilan pun diramaikan dengan perebutan peringkat dua dan tiga antara Bagnaia, Nakaagami serta Vinales. Gap antara tiga pembalap ini cukup dekat dan buktinya Nakaagami sempat menebar ancaman dengan melewati Bagnaia. Hal itu hanya berlangsung sebentar, Bagnaia mampu merebut kembali dari pembalap asal Jepang itu.

Laps ke-13, Bagnaia mendapat penalti dan harus rela posisinya dilewati oleh Vinales yang sebelumnya sanggup menyalip Nakaagami. Nakaagami sendiri semakin melambat hingga berhasil dilewati Zarco dan Mir. Ducati mendapat kabar buruk lainnya selain penalti yang didapat Bagnaia. Kabar itu datang dari rekan segarasi Bagnia yakni Jack Miller yang terjatuh di tikungan. Meskipun begitu, Miller tak pantang menyerah dan sanggup melanjutkan balapan.

MotoGP Assen 2021, Quartararo 'Asapi' Vinales

Laps ke-17, Vinales terpaut 4,3 detik dari Quartararo yang memimpin balapan. Bagnaia sendiri yang mendapat hukuman penalti kini menempati posisi kelima. Posisi ketiga sendiri berhasil direbut Mir dari tangan Zarco. Iker Lecuona (KTM) menjadi pembalap ketiga yang terjatuh di Assen.

Menyisakan 4 laps, posisi paliang depan diantaranya ada Quartararo, Vinales, Mir, Zarco dan Miguel Oliveira rekan segarasi Leucona. Posisi berikutnya ada Bagnia, Marquez, Aleix Espargaro (Aprillia) dan Nakaagami. Akhir balapan pun berhasil menobatkan Fabio Quartararo sebagai pemenang.

KOMENTAR (0)