Nissan Diterpa Isu Cerai dengan Renault, Honda Jadi Pengganti?

Nissan Diterpa Isu Cerai dengan Renault, Honda Jadi Pengganti?

Merebaknya isu perceraian aliansi Renault-Nissan menjadi buah bibir yang hangat di kalangan otomotif. Meski hingga kini belum ada kata resmi berpisah dari kedua belah pihak, namun perkembangan kabarnya memang ke arah tersebut.

Di sisi lain, pengamat otomotif lainnya juga mendengungkan kabar kerja sama Nissan dan Honda yang jika terjadi akan menarik juga. Diberitakan Bloomberg, analis LightStream Research, Mia Kato, mengatakan aliansi Nissan Motor Co. dengan Honda Motor Co bisa menjadi hal yang menarik. Apalagi, raksasa Jepang, Toyota telah menjalin kerja sama juga dengan pabrikan Jepang lainnya.

Masih menurut Kato, jika Nissan menjadi Honda sebagai pengganti Renault dalam aliansi akan meningkatkan volume penjualannya menjadi sekitar 12 juta unit per-tahun. Ini lantaran Honda memproduksi kendaraan lebih banyak dari pada Renault.

Nissan Diterpa Isu Cerai dengan Renault, Honda Jadi Pengganti?

Kemungkinan kerja sama antara Nissan dan Honda ini juga akan menjadi ancaman untuk Toyota Motor Corp. Seperti diketahui, Toyota sudah lebih dulu menggandeng pabrikan Jepang lainnya seperti Suzuki, Subaru dan Mazda.

“Honda tidak pernah terlibat dalam merger dan akuisisi yang agresif. Merger antara Honda dan Nissan seharusnya tidak terpikirkan, tetapi dengan meningkatnya daya saing Toyota kita merasa bahwa jika Nissan menginginkan mitra aliansi untuk menggantikan Renault, Honda mungkin tidak sepenuhnya menentang gagasan itu,” ungkap Kato.

KOMENTAR (0)