Pembangunan Sirkuit Mandalika Terus Dikebut

Pembangunan Sirkuit Mandalika Terus Dikebut

Pembangunan sirkuit jalan raya Mandalika untuk gelaran MotoGP Indonesia 2021 terus berlangsung seperti biasa, meski kini tengah dibayangi wabah virus corona (COVID-19) yang resmi berstatus pandemi global oleh WHO.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan pembangunan sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap berjalan normal.

Pembangunan Sirkuit Mandalika Terus Dikebut

Dilansir dari laman Antaranews, secara rinci pekerjaan tanah yang telah dilakukan mencakup ‘land clearing’ yang mencapai 426.375 M2 atau 81,24 persen, pemasangan pagar beton precast keliling telah mencapai 5.177 Meter atau 82,83 persen, galian tanah track sebesar 180.824 M3 atau 79,71 persen, sementara pekerjaan timbunan tanah mencapai 69.206 M3 atau 18,34 persen.

Abdulbar M Mansoer, Direktur Utama ITDC mengatakan, kami pastikan hingga saat ini proses pembangunan Sirkuit Mandalika terus berlangsung dan berjalan normal sesuai timeline yang direncanakan serta ditargetkan selesai sesuai jadwal yaitu akhir tahun 2020.

Pembangunan Sirkuit Mandalika Terus Dikebut

“Kami juga memastikan bahwa pengerjaan proyek Sirkuit Mandalika ini dilaksanakan dengan selalu mematuhi tata laksana/protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang dikeluarkan pemerintah yaitu dengan menjaga sanitasi dan tingkat hygene lingkungan, pemeriksaan suhu tubuh, membiasakan mencuci tangan, penggunaan APD serta penerapan physical distancing,” Mansoer

Selain itu, rencana ini juga sempat diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, yang mengatakan pembangunan sirkuit MotoGP dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, tetap berjalan.

Pembangunan Sirkuit Mandalika Terus Dikebut

“Pembangunan MotoGP dan KSPN di Mandalika yang ditargetkan rampung pada 2021 tersebut tidak akan berhenti karena wabah virus Corona COVID-19. Dan kami berharap pembangunan jalan akses ke Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) sepanjang 17,4 km dapat mulai dibangun pada Mei tahun 2020 dalam rangka mendukung penyelenggaraan MotoGP,” ungjap Basuki.

Sekedar informasi bahwa pembangunan jalan Bypass BIL sepanjang 17,4 km yang akan meningkatkan konektivitas dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke kawasan wisata Mandalika dengan menghabiskan anggaran hingga Rp 814 miliar.

KOMENTAR (0)