Perkuat Industri Ban Global, Goodyear Akuisisi Raksasa Ban Amerika

Perkuat Industri Ban Global, Goodyear Akuisisi Raksasa Ban Amerika

The Goodyear Tire & Rubber Company (Nasdaq: GT) dan Cooper Tire & Rubber Company (NYSE: CTB) pada 8 Maret 2021 mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian transaksi definitif dimana Goodyear akan  mengakuisisi Cooper dengan total nilai perusahaan sekitar $ 2,5 miliar.

Transaksi ini akan memperluas posisi tawar produk Goodyear di pasar dengan menggabungkan dua portofolio merek komplementer. Akuisisi ini juga akan menciptakan pabrikan berbasis di A.S. yang lebih kuat dengan peningkatan saluran distribusi dan ritel, sekaligus menggabungkan kekuatan kedua perusahaan dalam segmen produk truk ringan dan SUV yang sangat menguntungkan. Perusahaan gabungan tersebut akan memiliki nilai sekitar $ 17,5 miliar dalam penjualan pro forma 2019.

Berdasarkan ketentuan transaksi yang telah disetujui oleh Dewan Direksi kedua perusahaan, pemegang saham Cooper akan menerima $ 41,75 per saham tunai dan rasio pertukaran tetap 0,907 saham biasa Goodyear, per saham Cooper dengan nilai ekuitas total sekitar $ 2,8 miliar.

Berdasarkan harga penutupan saham Goodyear pada tanggal 19 Februari 2021, hari perdagangan terakhir sebelum pengumuman, kas tersirat dan pertimbangan saham yang akan diterima oleh pemegang saham Cooper adalah $ 54,36 per saham, mewakili premi sebesar 24% dari harga penutupan saham Cooper pada tanggal 19 Februari 2021, dan premi sebesar 36% dari harga rata-rata tertimbang volume Cooper selama 30 hari pada penutupan tanggal 19 Februari 2021. Setelah penutupan transaksi, pemegang saham Goodyear akan memiliki sekitar 84% dari gabungan perusahaan, dan pemegang saham Cooper akan memiliki sekitar 16%.

Perkuat Industri Ban Global, Goodyear Akuisisi Raksasa Ban Amerika

Didirikan pada tahun 1914, Cooper adalah produsen ban terbesar ke-5 di Amerika Utara berdasarkan pendapatan, dengan sekitar 10.000 karyawan yang bekerja di 15 negara di seluruh dunia. Produk Cooper diproduksi di 10 fasilitas di seluruh dunia, termasuk pabrik yang dimiliki sepenuhnya dan usaha patungan. Portofolio merek perusahaan meliputi Cooper, Mastercraft, Roadmaster dan Mickey Thompson.

“Ini adalah hari yang menggairahkan dan transformasional bagi perusahaan kami,” kata Richard J. Kramer, Ketua, CEO, dan Presiden Goodyear. “Penambahan portofolio produk ban komplementer Cooper dengan aset manufaktur berkemampuan tinggi, ditambah dengan teknologi dan industri Goodyear memimpin distribusi, memberikan peluang perusahaan gabungan untuk meningkatkan efisiensi biaya dan penawaran yang lebih luas untuk jaringan pengecer kedua perusahaan. Kami yakin kombinasi ini akan memungkinkan kami memberikan layanan yang semakin baik untuk pelanggan dan konsumen kami sambil memberikan nilai bagi pemegang saham. ”

“Kami sangat menghormati tim Cooper dan berbagi komitmen terhadap integritas, kualitas, ketangkasan dan kerja tim. Kami menantikan untuk menyambut Cooper ke dalam keluarga besar Goodyear,” Kramer menambahkan.

Perkuat Industri Ban Global, Goodyear Akuisisi Raksasa Ban Amerika

Brad Hughes, Presiden & CEO Cooper, menambahkan, “Cooper telah berubah menjadi organisasi dinamis yang digerakkan oleh konsumen dengan jalan menyeimbangkan saluran tradisional dan saluran baru untuk meningkatkan permintaan produk kami, sekaligus memperbarui dan secara efektif memanfaatkan jejak produksi global kami. Saya sangat bangga atas pencapaian tim kami selama 107 tahun terakhir dan saya berterima kasih kepada karyawan kami atas kontribusi dan komitmen mereka. Transaksi ini menandai dimulainya babak baru untuk Cooper, dimana kami masuk dengan kondisi yang didasari oleh kekuatan.

Kami percaya bahwa hal tersebut menggambarkan kesempatan yang menarik untuk memaksimalkan nilai bagi para pemegang saham kami, yang akan menerima premi juga kesempatan untuk berpartisipasi dalam keuntungan perusahaan gabungan. Kami menantikan kesempatan untuk menggabungkan bakat-bakat Cooper dengan Goodyear, dan menjadi bagian dari organisasi yang lebih besar dan lebih kuat yang akan memiliki posisi kompetitif yang baik untuk menang dalam industri ban global. ”

Goodyear merupakan salah satu perusahaan ban terbesar di dunia. Goodyear memperkerjakan sekitar 62,000 ribu orang secara global dan memproduksi ban di 46 pabrik di 21 negara. Dua Innovation Center Goodyear di Akron, Ohio dan Colmar-Berg, Luxembourg terus mendorong produk-produk dan pelayanan canggih yang menjadi acuan bagi industri.

KOMENTAR (0)