Porsche dan Siemen Bangun Pabrik Bahan Bakar Mendekati Netral CO2

Porsche dan Siemen Bangun Pabrik Bahan Bakar Mendekati Netral CO2

Produsen mobil sport Porsche dan Siemens Energy telah bergabung dengan sejumlah perusahaan internasional untuk membangun pabrik industri untuk produksi bahan bakar yang men-dekati netral CO2 (eFuel) di Punta Arenas, Chili.

Upacara peletakan batu pertama untuk proyek perintis ini berlangsung hari ini di hadapan Menteri Energi Chili Juan Carlos Jobet. Pabrik percontohan awal dibangun di utara Punta Arenas di Patagonia Chili, yang diharapkan menghasilkan sekitar 130.000 liter eFuels pada tahun 2022.

Kapasitas kemudian akan diper-luas dalam dua tahap menjadi sekitar 55 juta liter pada tahun 2024 dan menjadi sekitar 550 juta liter pada tahun 2026. Izin lingkungan yang diperlukan kini telah diperoleh oleh perus-ahaan proyek Cile, Highly Innovative Fuels (HIF). Siemens Energy juga telah memulai peker-jaan persiapan untuk fase komersial utama proyek berikutnya.

Porsche dan Siemen Bangun Pabrik Bahan Bakar Mendekati Netral CO2

Armin Schnettler, EVP Bisnis Energi Baru Siemens Energy mengatakan, saya senang bahwa kami membuat kemajuan dalam proyek mercusuar internasional untuk ekonomi hidrogen ini bersama dengan mitra internasional yang kuat dari bisnis dan politik.

“Dengan Haru Oni, kami membawa teknologi power-to-X kami ke pasar global. Kami bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan pabrik skala besar terintegrasi dan komersial pertama di dunia un-tuk memproduksi bahan bakar sintetis yang netral terhadap iklim,” kata Armin

Porsche dan Siemen Bangun Pabrik Bahan Bakar Mendekati Netral CO2

Sementara Michael Steiner, Anggota Dewan Ekseku-tif untuk Penelitian dan Pengembangan di Porsche AG mengungkapkan, Porsche didirikan dengan semangat perintis. Itulah yang mendorong kami, kami berkembang dengan inovasi. Kami juga melihat diri kami sebagai pelopor dalam hal bahan bakar terbarukan, dan kami ingin mendorong pembangunan ke depan. Ini sesuai dengan strategi keberlanjutan keseluruhan kami yang jelas.

Ini berarti Porsche secara keseluruhan dapat menjadi netral CO2 pada awal tahun 2030. Bahan bakar yang diproduksi dengan energi terbarukan dapat memberikan kontribusi untuk hal ini. Ikon kami, 911, sangat cocok untuk penggunaan eFuels. Tapi begitu juga kendaraan bersejarah yang sangat kami cintai, karena sekitar 70 persen dari semua Porsche yang pernah dibuat masih ada di jalan hari ini,” ungkap Michael.

Porsche dan Siemen Bangun Pabrik Bahan Bakar Mendekati Netral CO2

Chili telah menetapkan target ambisius sebagai bagian dari Strategi National Green Hydrogen. Ia merencanakan kapasitas elektroliser sebesar 5 gigawatt (GW) pada tahun 2025, meningkat menjadi 25 GW pada tahun 2030. Tujuannya adalah untuk menghasilkan hidrogen termurah di dunia dan mengembangkan negara tersebut menjadi pengekspor hidrogen hijau dan turunannya yang terkemuka.

Proyek Haru Oni memanfaatkan kondisi iklim yang sempurna untuk energi angin di provinsi Magallanes di Chili selatan untuk menghasilkan bahan bakar yang mendekati netral CO2 menggunakan tenaga green wind berbiaya rendah. Pada langkah pertama, elektroliser membagi air menjadi oksigen dan hidrogen hijau menggunakan tenaga angin.

CO2 kemudian disaring dari udara dan digabungkan dengan hidrogen hijau untuk menghasilkan metanol sin-tetis, yang kemudian diubah menjadi eFuel. Pabrik percontohan ini dijadwalkan mulai ber-produksi pada pertengahan 2022. Selain Siemens Energy, Porsche dan HIF, Enel, ExxonMo-bil, Gasco dan ENAP berpartisipasi dalam proyek Haru Oni.

KOMENTAR (0)