Porsche Raih Kemenangan di Le Mans 24 Hour 2017

Porsche Raih Kemenangan di Le Mans 24 Hour 2017

Tim Porsche berhasil membuat kejutan dan sukses memperpanjang rekornya di balap ketahanan Le Mans 24 Hour 2017, dengan meraih kemenangan tak terduga mereka di hari Minggu (18/6) lalu.

Melalui trio pebalap Timo Bernhard, Brendon Hartley dan Earl Bamber, Porsche memanfaatkan keuntungan menyusul tim Toyota yang kembali harus gigit jari tersingkir setelah sempat mendominasi balapan. Kemenangan ini sekaligus menjadi yang ke-19 kalinya bagi Porsche di ajang balap ketahanan paling bergengsi di dunia ini.

Porsche Raih Kemenangan di Le Mans 24 Hour 2017

Kemenangan Porsche ini awalnya sempat dianggap mustahil, karena mobil Porsche 919 Hybrid nomor 2 tersebut mengalami masalah motor penggerak depan pada jam ke-4. Sementara mobil Porsche nomor 1 tersingkir pada jam ke-21 menyusul masalah tekanan oli.

Bahkan, kemenangan di Le Mans tahun ini hampir saja direbut tim kelas LMP2, DC Racing, setelah tim Toyota terlempar dari pimpinan balapan. Namun, Porsche kelas LMP1 akhirnya berhasil menyalip DC Racing dan melewati garis finish dengan jarak 1 lap.

Porsche Raih Kemenangan di Le Mans 24 Hour 2017

Sementara tim Toyota, dengan pebalap Kamui Kobayashi, Sebastien Buemi dan Kazuki Nakajima yang mengendarai Toyota TS050 Hybrid, harus melepas posisi pertama balapan saat tersisa 2 jam jelang finish, lantaran mengalami masalah teknis. Kegagalan ini mengulangi hal serupa yang terjadi pada tahun sebelumnya, saat Toyota terhenti pada lap terakhir.

Kelas LMP1 sendiri hanya menghasilkan dua mobil yang sukses melewati garis finish. Selain satu mobil Porsche yang tersingkir, Toyota yang menurunkan tiga mobil juga harus gigit jari dengan satu mobil mencapai finis di posisi kesembilan secara keseluruhan.

Porsche Raih Kemenangan di Le Mans 24 Hour 2017

Dengan 19 kemenangan ini, tim Porsche semakin memantapkan diri sebagai pemegang rekor kemenangan Le Mans terbanyak sepanjang masa. Kemenangan kali ini juga menjadi yang ketiga kalinya berturut-turut sejak 2015. **MS/ Foto-foto: Carscoops

TAGS

KOMENTAR (0)