Quartararo Raih Kemenangan di MotoGP Italia

Quartararo Raih Kemenangan di MotoGP Italia

Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih kemenangan MotoGP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello, hari ini (30/05). Saat sesi warm-up, ada kejadian yang tidak biasa karena Enea Bastianini (Esponsorama Racing) mengalami kecelakaan saat para pembalap mengakhiri sesi ini. Berdasarkan tayangan ulang, Bastianini menabrak Johann Zarco (Pramac Racing) yang mengerem sangat mendadak.

Usai drama kecil tersebut, balapan tetap berjalan dengan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia (Ducati Lenovo) memulai dengan sempurna berkat holeshot device dan unggul atas Quartararo. Pecco sempat memimpin hingga lap pertama selesai. Sayangnya, pembalap asal Italia tersebut mengalami kecelakaan di lap kedua. Di lap yang sama, Marc Marquez (Repsol Honda) juga mengalami kecelakaan di tikungan ketiga.

Quartararo Raih Kemenangan di MotoGP Italia

“Jujur, hari ini cukup aneh untuk saya. Saya bisa tampil cukup cepat, namun saat start saya mengalami sedikit kesulitan. Kemengan ini tentu saya dedikasikan untuk ibu saya, tetapi walaupun saya menang ada yang mengganjal di hati saya karena kami baru saja kehilangan seorang teman,” ungkap Fabio Quartararo.

Dengan kecelakaan tersebut, membuat El Diablo memimpin kembali yang diikuti oleh Zarco. Sempat terjadi duel sengit antara dua pembalap Prancis tersebut. Usai lepas dari bayangan Zarco, Quartararo secara perlahan mampu membuat jarak hingga mencapai 1 detik pada lap ke-8.

“Saya hari ini cukup lelah dan senang. Saya senang bisa meraih podium lagi, saat balapan saya hanya bisa melakukan yang terbaik dan berusaha keras. Di akhir balapan saya tidak bisa menyusul Oliveira, dia mampu mempertahankan posisinya dengan kondisi ban yang sudah haus. Podium ini tentu untuk Jason dan keluarganya,” ungkap Joan Mir.

Quartararo Raih Kemenangan di MotoGP Italia

Sementara itu, Zarco berhasil didekati oleh Miguel Oliveira (Red Bull KTM) yang mengawali balapan dengan baik. Di barisan belakang, ada Jack Miller (Ducati Lenovo), dan duo Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins yang bertarung secara sengit untuk memperebutkan posisi ke-4.

Pada lap ke-16, Oliveira berhasil merebut posisi ke-2 setelah melewati Zarco yang semakin melambat saat memasuki tikungan. Lap berikutnya, posisi ketiga mampu direbut oleh Mir disusul oleh Rins pada lap ke-18. SirkuitBalapan menyisakan 5 lap, Mir terus mengikuti Oliveira dan menkan untuk memperebutkan posisi ke-2.

“Hari ini balapan yang baik, akhirnya kami bisa tampil lebih kuat dan cepat. Saat memulai balapan, saya kurang nyaman untuk langsung mengincar posisi terdepan karena ban. Saat saya mendapatkan momen dan melihat Mir yang sedikit memaksan dengan kondisi ban yang sudah haus. Walaupun saya meraih podium, tetapi dengan pertimbangan dari pihak penyelenggara saya harus puas dengan hasil hari ini,” ungkap Miguel Oliveira.

Quartararo Raih Kemenangan di MotoGP Italia

Sayangnya, Rins mengalami kecelakaan saat berusaha mengejar rekannya. Hingga balapan berakhir, Quartararo tidak bisa terkejar dan berhasil meraih kemenangan di Sikuit Mugello. Namun, karena Oliveira melanggar peraturan track limit sehingga Mir yang meraih podium kedua dan Oliveira harus puas menempati podium ketiga usai keputusan Stewards ini.

KOMENTAR (0)