Raih Juara II di Ajang ‘Champ of the Champ’, Rifat Tetap Puas

Raih Juara II di Ajang 'Champ of the Champ', Rifat Tetap Puas

Pebalap Rifat Sungkar bersama navigator M. Redwan yang pada putaran kelima kembali didukung oleh Pelumas Pertamina Fastron berhasil meraih juara kedua di babak ‘Champ of The Champ’, pada Kejurnas Speed Offroad Seri 5 yang dihelat di Tembongjaya, Serang, Banten. Rifat mencatatkan waktu 6 menit 33,407 detik, terpaut sekitar 4 detik dengan H. Samsudin yang meraih juara pertama dengan catatan waktu 6 menit 29,057 detik.

Ketidakberuntungan Rifat diawali di hari pertama, pada SS1 saat melakukan jumping, mobil landing dengan keras. Akibatnya kopel depan patah dan penggerak empat roda kendaraan atau biasa disebut 4WD tidak berfungsi. Selain itu, master kopling dan knalpot juga patah sehingga mobil mencapai finish tanpa knalpot dan kopling.

Raih Juara II di Ajang 'Champ of the Champ', Rifat Tetap Puas

Rifat pun akhirnya finish dengan catatan waktu 3 menit 33,071 detik, dan menempati posisi 16 pada group FFA, serta posisi 7 di kelas G6.4. Tim mekanik dengan sigap bekerja keras untuk memperbaiki kendala tersebut. Untungnya, mobil selesai tepat waktu untuk mengikuti SS2 walaupun hanya dengan penggerak dua roda (2WD).

Di SS kedua, Rifat start bersama dengan H. Samsudin. Tentunya Rifat menyadari dengan kondisi mobil 2WD, mereka akan tertinggal jauh, namun pada akhirnya Rifat berhasil menyelesaikan SS2 dengan catatan waktu 3 menit 30,852 detik dan terpaut sekitar 7 detik dari H. Samsudin. Rifat pun naik ke posisi 10 di grup FFA dan posisi 5 di kelas G6.4.

Tim Mekanik pun kembali bekerja kerja keras pada malam harinya untuk memperbaiki kendala mobil agar dapat berkompetisi dengan baik di hari kedua. Hasilnya, di hari kedua, Rifat menjalani SS3 dan S4 tanpa kendala berarti, namun Rifat harus mengejar selisih waktu dari para pebalap lain yang cukup jauh, sekitar 15 detik.

Raih Juara II di Ajang 'Champ of the Champ', Rifat Tetap Puas

Pada 2 SS tambahan di babak kejuaraan umum atau ‘Champ of The Champ’, berbekal pengalaman dan keuletannya, Rifat berhasil meraih juara kedua. Rifat berhadapan dengan pebalap non-seeded Yedidiah, di SS5 Rifat unggul sekitar 13 detik dan di SS6 Rifat kembali unggul sekitar 26 detik. Rifat/Redwan akhirnya menuntaskan ajang ini dengan total catatan waktu 6 menit 33,407 detik.

Rifat mengatakan, “Saya bersikap realistis saja, perbedaan dengan posisi 1-3 sekitar 15 detik, dan di trek kali ini untuk bisa mendapatkan selisih waktu sekitar 7 detik per SS walaupun sudah tampil all out, sangatlah sulit. Jadi saya memilih bermain aman saja agar bisa masuk dalam babak ‘Champ of The Champ’.

“Terima kasih kepada tim mekanik saya dari RFT Motorsport yang telah bekerja keras mempersiapkan mobil, walaupun sempat terkendala di hari pertama, tetapi dengan dukungan 100% dari mereka, hasil yang saya capai ini sudah sangat baik. Tidak lupa terima kasih juga atas dukungan dari Pertamina Fastron, Mitsubishi Pajero Sport dan semua pihak yang turut mendukung kami,” imbuh Rifat, dalam rilis yang diterima Otoblitzclassic, Minggu (20/9) lalu. “Saya sudah berusaha sangat maksimal, namun H.Samsudin jauh lebih unggul, dan saya kalah dengan terhormat.”

Raih Juara II di Ajang 'Champ of the Champ', Rifat Tetap Puas

Sebagai informasi, catatan waktu total Rifat untuk 4SS adalah 13 menit 43,624 detik, naik ke posisi 8 di grup FFA dan meraih posisi kelima di kelas G6.4. Posisi pertama dan kedua kelas G6.4 diraih H. Samsudin dan Tb Adhi. Sedangkan untuk Best Overall, Rifat berada di posisi kedelapan. Untuk itu, Rifat berhak untuk maju ke babak kejuaraan umum bersama 19 pebalap lainnya. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)