Sejarah VW di Indonesia, Hingga Rakit Tiguan Allspace di Cikampek

Sejarah VW di Indonesia, Hingga Rakit Tiguan Allspace di Cikampek

Brand Volkswagen (VW) di Indonesia memang tak sekuat brand Eropa lainnya seperti BMW atau Mercedes-Benz. Tapi siapa sangka VW mempunyai sejarah cukup panjang di Tanah Air yang dimulai sejak tahun 1952.

Dibawah naungan PT. Piola sebagai agen tunggal dan importir mobil-mobil merek Volkswagen, merek ini eksis hingga tahun 1971. Kemudian, agen tunggal dan importir mobil merek Volkswagen diambil alih oleh PT Garuda Mataram Motor.

Sejarah VW di Indonesia, Hingga Rakit Tiguan Allspace di Cikampek

Pada tahun 1972, proses produksi CKD (Completely Knocked Down) pertama dikerjakan oleh PT German Motors Manufacturing, sebuah perusahaan yang memproduksi mobil-mobil Mercedes-Benz.  Mobil yang diproduksi saat itu adalah VW Safari dan VW Beetle 1302/200. Pada saat yang sama juga diproduksi secara CKD mobil VW Passat LS & L.

Tahun 1974, diproduksi mobil VW buatan Indonesia untuk pertama kalinya yang diberi nama MITRA. MITRA adalah  merupakan model/mobil VW komersial pertama berbasis T2. Bisa dibilang VW Mitra merupakan mobil nasionalnya kala itu dengan mengandalkan mesin 1600cc.

Sejarah VW di Indonesia, Hingga Rakit Tiguan Allspace di Cikampek

Pada tahun 1977, merek VW menjadi sangat populer di pasar Indonesia dengan hadirnya VW Safari yang saat itu merupakan mobil operasional Camat di seluruh Indonesia, sebelum akhirnya Volkswagen menghentikan seluruh kegiatannya di Indonesia karena kebijakan pajak yang kurang sesuai dengan kebijakan bisnis Volkswagen di Indonesia.

Pada tahun 1992, Indomobil Group mengakuisisi PT Garuda Mataram Motor dan ditunjuk sebagai Distributor Resmi mobil-mobil komersial VW (Caravelle). Dikurun waktu hingga 1997, merupakan debut produksi CKD VW Caravelle T4 di Indonesia.

Pada tahun 2000, PT Car & Cars Indonesia ditunjuk sebagai importir mobil-mobil penumpang (passenger cars) merek Volkswagen di Indonesia. Antara lain: New Beetle, New Golf, New Passat, dan Polo.

Tahun 2006, PT Garuda Mataram Motor mengambil alih kepemilikan PT Car & Cars Indonesia dan secara otomatis menjadikannya sebagai importir mobil penumpang Volkswagen.

Dua tahun kemudian, pada tahun 2008 PT Garuda Mataram Motor secara resmi menjadi Agen Pemegang Merek dan importir dari mobil penumpang merek Volkswagen.

Sejarah VW di Indonesia, Hingga Rakit Tiguan Allspace di Cikampek

Sejak itulah, dimulai debut dari mobil-mobil penumpang Volkswagen yang diproduksi secara SKD (Semi Knocked Down) di Indonesia, seperti VW Touran, disusul VW Golf (A6) pada tahun 2009 dan VW Golf (A7) pada tahun 2013. Informasi terbaru, VW Tiguan Allspace yang diluncurkan di GIIAS 2019 lalu pun dirakit di pabrik yang berada di Cikampek, Jawa Barat.

KOMENTAR (0)