Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

 

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Mercedes-Benz adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus. Selain menjadi alah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia, Mercedes-Benz juga menjadi perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan hingga sekarang. Mobil berlogo bintang ini terkenal berteknologi dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG, yang bermula dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, yaitu Benz Patent Motorwagen. Mercedes-Benz juga mendapat pengaruh besar dari Gottlieb Daimler serta teknisi Wilhelm Maybach.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Di awal 1880-an, Gottlieb Daimler dan Carl Benz menemukan mobil secara terpisah di selatan Jerman. Daimler dan Wilhelm Maybach, yang bersama-sama menemukan mesin empat-tak, bekerjasama di Cannstatt (sebuah kota di distrik Stuttgart); sementara Benz memiliki tokonya di Mannheim dekat Heidelberg.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Karl Benz merancang dan membangun secara praktis mobil pertama di dunia yang didukung oleh mesin pembakaran internal. Pada tanggal 29 Januari 1886, Benz menerima hak paten pertama (DRP No 37.435) untuk mobil berbahan bakar bensin. Itu adalah mobil tiga roda; Benz membangun mobil roda empat pertamanya pada tahun 1891. Perusahaannya, Benz & Company, menjadi perusahaan pertama sekaligus menjadi produsen terbesar di dunia otomotif sejak 1900.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Pada awal 1900-an, mobil Daimler dibuat di Untert?rkheim (sebuah kota di Distrik Stuttgart), dan sukses dijual oleh agen Austria yang bernama Emil Jellinek, yang memasok mobil tersebut dengan nama putrinya, Merc?d?s.

Mobil-mobil Mercedes ini kemudian dijual sejak tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft. Namun, mobil pertama yang memakai merk Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926, setelah adanya merger antara perusahaan Benz & Company dengan Daimler, menjadi perusahaan Daimler-Benz.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Hingga tahun 1994, Mercedes-Benz menggunakan sistem alfanumerik untuk mengelompokkan mobil-mobil mereka, terdiri dari angka yang menunjukkan kapasitas mesin mobil jika dikalikan dengan 10, dan diikuti huruf-huruf yang menandakan tipe bodi dan tipe mesin.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Huruf-huruf tersebut seperti misalnya:

  • “C” menandakan bahwa model bodinya coupe/cabriolet.
  • “D” berarti menggunakan mesin diesel.
  • “E” (untuk “Einspritzen”) berarti memakai mesin bensin dengan injeksi. Di beberapa kejadian, jika tidak ada tulisan “D” atau “E” maka memakai mesin bensin karburator.
  • “G” melambangkan kendaraan off-road Gelandewagen.
  • “K” digunakan tahun 1930-an, menandakan mesin dengan supercharger (“Kompressor”).Untuk SSK, K nya adalah “Kurz” (short-wheelbase/sumbu roda pendek).
  • “L” melambangkan “Leicht” (lightweight) untuk model sedan sport, dan “Lang” (long-wheelbase/sumbu roda panjang) untuk model sedan.
  • “R” singkatan dari “Rennen” (racing/balap), digunakan untuk mobil balap. (Misalnya 300SLR).
  • “S” berarti “Sport” untuk model performa tinggi atau “Special” untuk model teratas/unggulan.
  • “T” singkatan dari “Touring” dan menandai jenis mobil estate/station wagon.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Untuk beberapa model, nomor-nomor pada penamaan mobil itu tidak sesuai dengan kapasitas mesin mobilnya. Nomor-nomor ini diberikan hanya untuk menentukan posisi mobil tersebut di jajaran mobil Mercedes-Benz.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Setelah tahun 1994, Mercedes-Benz memperbaharui sistem penamaan mobil mereka. Sekarang, model-model mobil dikelompokkan dalam kelas-kelas yang penamaannya sampai 3 huruf, kemudian diikuti dengan 3 digit angka (atau 2 digit untuk model AMG). Untuk varian dengan model yang sama (seperti varian estate atau varian mesin diesel) tidak lagi diberikan huruf yang berbeda. Di beberapa kasus, penamaan ini tidaklah selalu pasti. Contohnya, SLR dan SLS-AMG tidak mengikuti nama ini.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Sama seperti sebelumnya, 3 nomor pada model-model Mercedes-Benz tidak mempunyai hubungan dengan kapasitas mesin mobil tersebut. Nomor tersebut terkadang malah berkaitan dengan keluaran tenaga mesin. Contohnya, E250 CGI mempunyai tenaga mesin lebih besar daripada E200 CGI karena adanya perbedaan tuning mesin, meskipun keduanya memakai mesin 1.8L.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Beberapa model juga ditambahi beberapa fitur khusus yang disimbolkan dengan:

  • “4Matic” berarti mobil itu menggunakan penggerak 4 roda.
  • “Bluetec” menandakan mesin diesel dengan pipa gas buang selective catalytic reduction.
  • “BlueEfficiency” menandakan adanya fitur efisiensi bahan bakar (injeksi, start-stop system, modifikasi aerodinamika, dll.)
  • “CGI” (Charged Gasoline Injection) menandakan injeksi bensin langsung.
  • “CDI” (Common-rail Direct Injection) menandakan mesin diesel dengan teknologi common-rail.
  • “Hybrid” menandakan mobil hybrid.

Sekelumit Sejarah Mercedes-Benz

Selain itu, ada juga beberapa istilah pada beberapa model khusus seperti:

  • “NGT” menandakan menggunakan bahan bakar gas.
  • “Kompressor” menandakan mesin dengan supercharger.
  • “Turbo” menandakan mesin dengan turbocharger, hanya digunakan di model Kelas A, B,? dan GLK. **MS/Wikipedia & dari berbagai sumber
TAGS

KOMENTAR (0)