SUV Genesis GV80 Terbaru Siap Meluncur Akhir Januari

SUV Genesis GV80 Terbaru Siap Meluncur Akhir Januari

Setelah banyak rumor yang beredar di media online sebelumnya, Genesis akhirnya memutuskan untuk merilis beberapa gambar resmi pertama yang lebih detail untuk SUV mewah Genesis GV80 terbaru mereka, hanya beberapa jam sebelum dekade baru dimulai pada 31 Desember lalu.

SUV mewah yang digadang bakal menjadi pesaing berat BMW X5, Mercedes-Benz GLE dan Audi Q7 ini, menjadi model SUV pertama dari brand otomotif asal Korea ini, setelah preview-nya yang ditampilkan di New York pada tahun 2017 silam mendapat sambutan hangat dari publik.

SUV Genesis GV80 Terbaru Siap Meluncur Akhir Januari

Genesis GV80 merupakan upaya kolaborasi dari studio-studio desain Genesis di Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jerman. SUV ini terlihat atletis dan canggih di luar, meskipun beberapa mengatakan bahwa mereka lebih menyukai tampilan grille yang ada pada mobil konsepnya ketimbang yang kini menajdi bawaan versi produksinya.

Disisi interior, GV80 menampilkan tampilan dan tata ruang yang minimalis tanpa membebani dashboard dengan banyak kontrol. Kabin ini memiliki tombol fisik minimal yang menawarkan kontrol iklim layar sentuh baru dan layar sentuh mandiri berukuran besar untuk sistem hiburan.

SUV Genesis GV80 Terbaru Siap Meluncur Akhir Januari

Elemen penting lainnya pada interior adalah ventilasi udara tipis yang membentang di bagian depan, roda kemudi dua palang dan gear selector elektronik yang berputar seperti permata – sesuatu yang telah dilakukan oleh Jaguar di masa lalu sebelum kembali ke shifter biasa. Genesis juga mengatakan bahwa GV80 akan ditawarkan dalam tata letak dua dan tiga baris jok.

Seperti saudara sedannya, GV80 terbaru didasarkan pada platform roda belakang yang unik untuk merk Genesis, dengan sistem all-wheel drive sebagai pilihan. Sementara belum ada powertrain yang secara resmi dikonfirmasi, informasi terkini yang ‘bocor’ dari Korea Selatan berbicara tentang ketersediaan tiga versi mesin untuk pasar dalam negeri.

SUV Genesis GV80 Terbaru Siap Meluncur Akhir Januari

Saat diluncurkan, akan ada versi mesin V6 turbo diesel 3.0-liter yang menghasilkan tenaga 274 hp (205 kW) pada torsi 434-ft.lbs (589 Nm), yang dipasangkan pada transmisi otomatis 8-percepatan. Konfigurasi ini memungkinkan mobil melesat dari 0-62 mph (0-100 km/jam) dalam tempo 6.8 detik.

Beberapa minggu kemudian, akan hadir pilihan mesin empat silinder turbocharged 2.5-liter berkekuatan 300 hp (224 kW) dengan torsi 311-ft.lbs (422 Nm), yang memungkinkan akselerasi 0-62 mph (100 km/jam) dalam waktu 6.9 detik. Sementara, opsi tertinggi adalah versi mesin V6 turbocharged 3.5-liter bertenaga 375 hp (279 kW) dengan torsi 390-ft.lbs (530 Nm), yang memungkinkan mobil melesat dari 0-62mph (0-100 km/jam) dalam 5.7 detik.

SUV Genesis GV80 Terbaru Siap Meluncur Akhir Januari

Genesis GV80 dijadwalkan akan diluncurkan secara global pada awal tahun 2020, dengan penjualan akan dimulai di pasar lokal Korea Selatan pada akhir bulan Januari ini. Kemungkinan, GV80 juga akan membuat debut perdananya di AS di ajang New York Auto Show 2020 pada bulan April mendatang. **MS/ Foto-foto: Carscoops.com

KOMENTAR (0)