Terkena Penalti, Jack Miller Podium Pertama di MotoGP Perancis

Terkena Penalti, Jack Miller Podium Pertama di MotoGP Perancis

Pebalap asal Australia, Jack Miller, sukses mengikuti jejak kompatriotnya, Casey Stoner, seusai menjadi pemenang balapan MotoGP Perancis. Balapan MotoGP Perancis merupakan seri kelima dari Kejuaraan Dunia musim ini yang dihelat di Sirkuit Le Mans pada Minggu (16/5/2021). Berbagai drama mengiringi kemenangan Jack Miller kali ini.

Pebalap pabrikan Ducati berusia 26 tahun itu sempat dihukum dua kali long lap penalty seusai melanggar aturan kecepatan maksimal di pit lane ketika hendak menukar motor. Miller dan seluruh pebalap lain mendapat kesempatan menukar motor karena race director mengibarkan white flag pada lap kelima. Perubahan cuaca dari cerah berawan menjadi hujan berangin yang terjadi di Sirkuit Le Mans menjadi penyebab terjadinya flag-to-flag race.

Terkena Penalti, Jack Miller Podium Pertama di MotoGP Perancis

Jack Miller mendapat hukuman double long lap penalty karena terbukti memacu motornya melebihi kecepatan maksimal di pit lane, yakni 60 km/jam. Dalam tayangan ulang, kecepatan Jack Miller di pit lane sempat menyentuh 72km/jam ketika hendak menuju garasi untuk menukar motor. Hukuman double long lap penalty kemudian langsung diselesaikan Jack Miller setelah keluar dari pit lane. Meski mendapat hukuman, Jack Miller sukses menempati urutan kedua pada lap ke-9.

Jack Miller kemudian berhasil menyalip pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, pada lap ke-12 untuk menjadi pimpinan balapan. Jack Miller menyalip ketika Fabio Quartararo sedang menyelesaikan hukuman long lap penalty. Quartararo juga mendapat hukuman long lap penalty karena melanggar prosedur flag-to-flag race, yakni salah masuk ke garasi pebalap lain di pit lane. Setelah menyalip Quartararo, Jack Miller tidak terbendung lagi hingga akhirnya sukses menjadi pemenang balapan MotoGP Perancis.

Terkena Penalti, Jack Miller Podium Pertama di MotoGP Perancis

Ini adalah kemenangan kedua Jack Miller musim ini setelah awal Mei lalu sukses menjadi yang tercepat di MotoGP Spanyol. Dua kemenangan beruntun membuat Jack Miller sukses mengikuti legenda balap Australia pemilik dua gelar juara dunia MotoGP, Casey Stoner. Dikutip dari situs MotoGP, Casey Stoner adalah pebalap asal Australia terakhir yang berhasil meraih dua kemenangan beruntun di kelas MotoGP sebelum Jack Miller.

Momen itu terjadi pada musim 2012 ketika Casey Stoner sukses menjadi pemenang MotoGP Spanyol dan MotoGP Portugal. Setelah sembilan tahun menunggu, publik Australia pada akhirnya bisa kembali menyaksikan pebalapnya meraih dua kemenangan beruntun di MotoGP dalam diri Jack Miller. Kemenangan Jack Miller kali ini terasa sangat spesial. Sebab, Jack Miller sukses mengasapi dua pebalap asal Perancis di Sirkuit Le Mans, yakni Johann Zarco (Pramac Racing) dan Quartararo. Seusai MotoGP Perancis, Jack Miller mengaku sangat bangga karena bisa menaklukkan Sirkuit Le Mans meskipun sempat dihukum double long lap penalti.

Terkena Penalti, Jack Miller Podium Pertama di MotoGP Perancis

Saya awalnya cukup tenang. Namun, di tengah balapan, saat hujan dan angin datang secara bersamaan, terjadi banyak kekecauan di sana.”Saya sempat kebingungan ketika mengetahui hukuman tersebut. Namun, saya berhasil menyelesaikan hukuman itu dengan cepat. Saya kemudian berhasil menyalip Quartararo,” ujar Miller.

Kesuksesan meraih 50 poin dari dua balapan terakhir mengatrol posisi Jack Miller ke peringkat keempat klasemen pebalap MotoGP 2021. Jack Miller dengan koleksi 64 poin untuk sementara tertinggal 16 angka dari Fabio Quartararo yang berada di puncak klasemen.

KOMENTAR (0)