Tips Merawat Mobil Saat #DirumahAja

Tips Merawat Mobil Saat #DirumahAja

Dalam kondisi Pandemi Covid-19 dimana kita lebih banyak melakukan aktifitas harian #dirumahaja, maka mobil biasanya hanya terdiam di garasi rumah. Meskipun mobil hanya diam dirumah, namun juga perlu perawatan. Dan disini kita akan bagikan tip-tips yang semoga bermanfaat bagi anda semua.

– Mencuci mobil setiap 2-3 hari sekali. Selain menjadikan mobil tetap terlihat bersih, juga membuat kita lebih care / peduli kepada bagian dan komponen jika ada yang rusak dan perlu perawatan lebih lanjut.

– Jika memiliki vacuum cleaner, bersihkan interior mobil. Mumpung banyak waktu dirumah. Jangan lupa semprot / lap-lap dengan disinfektan.

Tips Merawat Mobil Saat #DirumahAja

– Selalu cek AC dan bagian filter indoor yang bisa di copot agar dibersihin juga.

– Salah peletakan parfum (terpapar sinar matahari), atau pas di semburan AC, atau mobil yang jarang sekali udaranya berganti menyebabkan konsentrasi parfum di udara mobil menjadi tinggi. Ini yang menyebabkan mual dan pusing.

– Panaskan mobil setiap hari (maksimum 3 hari sekali) kira-kira 5-7 menit (penunjukan jarum temperature mesin sudah sampai temperature normal operasionalnya).

Tips Merawat Mobil Saat #DirumahAja

Untuk mobil diesel disarankan memanasi sambil jalan, karena bau asapnya bisa mengganggu rumah dan tetangga. Selain emisi SOx, CO  dan soot juga berbahaya bagi kesehatan.

– Sering jalan-jalan dengan mobil. Sekitar 3 hari sekali minimum (lebih dari 5 km) agar Ban tidak mem-blendung/flat spot (stress di satu point saja), Aki terisi kembali dengan baik, karena pemanasan harian saja kurang cukup utk mengisi Aki.

Tips Merawat Mobil Saat #DirumahAja

– Mobil yang diam kerap disukai semut dan tikus. Mereka suka mengigit dan merusak kabel. Untuk memitigasinya, pasang kamper di bawah ruang mesin, agar tikus tidak mau datang. Adapun untuk semut, seringlah membersihkan interior saja. Jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tercecer dengan vacuum cleaner.

– Ganti Oli jika sudah melebihi batas kalender maximum (meskipun KM belum tercapai). Batas kalender maximum (jika tidak di dahului KM) umumnya adalah 6 bulan. Untuk lebih detailnya, dapat melihat buku panduan rekomendasi Manufacture (OEM).

KOMENTAR (0)