Tokyo Motor Show - Left ad
Tokyo Motor Show -Right ad

Toyota Siap Boyong Prototipe Mobil Otonom Terbaru di CES 2018

Toyota Research Institute dikabarkan siap membawa prototipe mobil otonom generasi berikutnya, yang disebut Platform 3.0, di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018 yang akan digelar 10-12 Januari mendatang di Las Vegas.

Dibangun berbasiskan Lexus LS 600hL, kendaraan riset otonom Platform 3.0 ini mengadopsi teknologi LIDAR jarak jauh dengan jangkauan persepsi hingga 200 meter (656 kaki), yang didapat dari empat pemindai beresolusi tinggi yang mencakup perimeter sekitar mobil dan menjadikannya salah satu dari mobil otonom yang paling responsif di jalan.

BACA JUGA : Nanan Soekarna, Ikut Pajang Mobil Klasiknya di OICCS 2013

"Tim kami sekali lagi dengan cepat mengembangkan kemampuan penelitian kendaraan otomatis kami," kata Dr Gill Pratt, CEO Toyota Research Institute. "Untuk meningkatkan platform uji coba kami ke tingkat yang baru, kami memanfaatkan keahlian desain dan teknik Toyota untuk membuat platform uji coba baru, yang berpotensi menjadi patokan dalam fungsi dan gaya."

Selain itu, sensor LIDAR jarak pendek juga turut dipasang di keempat sisi prototipe namun dengan posisi yang lebih rendah, guna mendeteksi benda-benda disekitar kendaraan yang tak terjangkau penglihatan pengemudi pada level lebih rendah, seperti misalnya puing-puing, hewan dan bahkan juga anak-anak.

BACA JUGA : Aeromobile: Mobil Terbang Terbaik di Dunia Diluncurkan

Insinyur R & D Toyota juga bekerjasama dengan CALTY Design Research untuk membuat sensor dan kamera selengkap mungkin dan menempatkannya pada posisi tersembunyi nantinya. Bersama-sama, mereka menciptakan panel atap baru yang tahan cuaca dan suhu, yang juga dikemas dengan cerdik menggunakan ruang yang tersedia di kompartemen sunroof agar terkesan lebih pendek.

BACA JUGA : Toyota Etios Cross Debut di Auto Expo 2014

Toyota akan mulai memproduksi kendaraan uji Platform 3.0 pada musim semi tahun ini ini di Prototype Development Center mereka, di markas Toyota North America di Michigan. **MS/ Foto-foto: Carscoops

Rate this article:
(Average Rating 5.0 Based on 11 rating)

NEWS Updates

NEWS Updates


Related Articles


Most Popular