Trakindo Kenalkan Teknologi Terbaru untuk Pertambangan

Trakindo Kenalkan Teknologi Terbaru untuk Pertambangan

Industri pertambangan masih cukup menggiurkan bagi para pelaku bisnis di Indonesia. Ragam cara pun dilakukan untuk memperlancar produktivitas. Dalam operasionalnya, tantangan yang dihadapi mulai dari kondisi geografis, keselamatan kerja hingga efisiensi kerja.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Trakindo memperkenalkan teknologi Cat MineStar System, yakni sebuah solusi komprehensif yang mengintegrasikan produk, proses dan sumber daya manusia.

Trakindo Kenalkan Teknologi Terbaru untuk Pertambangan

“Teknologi Cat MineStar System dapat membantu pelaku industri dalam mengelola rantai pekerjaan pertambangan, mulai dari pelacakan material, manajemen armada, identifikasi kesehatan alat berat, hingga sistem peralatan otonom, dan lainnya. Mengusung teknologi terdepan, produk ini mengintegrasikan sejumlah rangkaian kemampuan yang memungkinkan pelanggan untuk menskalakan sistem sesuai dengan kebutuhan lokasi tambang,” jelas Kiswanto di acara Mining & Construction Indonesia 2019 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/9).

Trakindo Kenalkan Teknologi Terbaru untuk Pertambangan

Teknologi Car MineStar System mempunyai rangkaian fitur komprehensif maupun secara terpisah. Fitur FLEET membantu pelanggan dalam melakukan manajemen armada dengan kemampuan untuk pelacakan dan penugasan terhadap semua jenis unit yang bekerja di banyak lokasi dengan dilengkapi data dan analisis yang detil secara real time. TERRAIN menggunakan teknologi pemanduan canggih yang berguna untuk melakukan manajemen unit berbasis data sistematis yang tepat waktu. Fitur ini efektif untuk aplikasi pengeboran, dragline, perataan, dan pemuatan dengan tingkat presisi yang tinggi.

DETECT meningkatkan kewaspadaan operator terhadap keselamatan berkendara; dilengkapi sensor canggih, fitur ini mampu meningkatkan deteksi pada daya pandang yang terbatas di sekitar unit yang bergerak maupun tidak bergerak. Fitur HEALTH memantau kesehatan mesin secara komprehensif, memberi laporan data kerja unit secara terus menerus sehingga dapat mengidentifikasi potensi masalah dari unit tersebut sebelum terjadinya kerusakan. COMMAND memungkinkan pengendalian penambangan jarak jauh, baik secara semi-otonom, atau otonom penuh, dengan teknologi revolusioner membantu bekerja dengan aman dan produktif di berbagai lingkungan yang menantang.

Trakindo Kenalkan Teknologi Terbaru untuk Pertambangan

Pengaplikasian Cat MineStarTM System ditujukan menjadi solusi tepat untuk mendorong produktivitas serta meningkatkan keselamatan kerja di pertambangan. “Penerapan teknologi pada alat berat di industri pertambangan dapat memberikan beragam kemudahan, sekaligus meningkatkan kualitas pekerjaan, sehingga pelaku industri memiliki daya saing tinggi,” ujar Mining Product Engineer Senior Specialist Trakindo Lalak Budiman.

 

KOMENTAR (0)