Truk Bertenaga Listrik, Sudah Dicoba di Amerika

Truk Bertenaga Listrik, Sudah Dicoba di Amerika

Truk bertenaga listrik salah satu divisi dari Daimler, Freightliner, sebanyak 30 unit sudah berpindah tangan digunakan oleh Penske Truck Leasing Corporation di Los Angeles.

Pesanan fleet truk Freightliner ini menjadi kali pertama bagi Daimler bahkan sekaligus menjadi manufaktur pertama menguji truk listrik berkolaborasi dengan klien.

Jarak tempuh Freightliner diklaim mencapai 370 km untuk sekali pengisian baterai dengan total bobot 6-12 ton. Cocok digunakan untuk ditribusi lokal.

Truk Bertenaga Listrik, Sudah Dicoba di Amerika

Adapun dari 30 unit Freightliner listrik tersebut, namun 20 unit terlebih dahulu adalah sepuluh eM2 medium-duty dan sepuluhnya adalah eCascadia untuk transportasi heavy-duty. Produksi massal sedianya akan dimulai pada tahun 2021.

“Penske merasa tersanjung menjadi perusahaan pertama yang menggunakan truk listrik sebagai salah satu layanan kami,” ujar Brian Hard, President and CEO of Penske Truck Leasing.

“Saya memuji dan berterima kasih kepada Roger Nielsen dan timnya di Daimler Trucks North America atas kolaborasi luar biasa dan semangat kreasi bersama kami selama sembilan bulan terakhir untuk membawa teknologi inovatif ini ke pasar. Penske berkomitmen untuk menyediakan teknologi kendaraan yang paling efektif bagi pelanggan kami dan mendorong inovasi dan keberlanjutan dalam hal mobilitas.” tambahnya.

Truk Bertenaga Listrik, Sudah Dicoba di Amerika

Penske Truck Leasing Corporation menerapkan langkah baru dalam pengiriman di kawasan urban menggunakan truk bertenaga listrik di wilayah Amerika Serikat. Saat ini mengoperasikan lebih dari 27.000 kendaraan dan melayani konsumen lebih dari 1.000 lokasi di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Australia dan Asia.

Digunakannya Freightliner eM2 dengan jarak tempuh 370 km memungkinkan mengirim ke banyak lokasi. Pengisian baterai juga cepat, cukup 60 menit untuk mengisi 80% baterai. Menggunakan tegangan 325 kWh bertenaga 480 hp.

Martin Daum, Daimler Board Member Penanggung Jawab Trucks and Buses berkomentar, “Kami bertujuan untuk menjadi yang terdepan menghadirkan truk listrik sama seperti dengan truk konvensional; hal tersebut diwujudkan dengan penyerahan Freightliner eM2 ke Penske Truck Leasing Corporation.”

“Kami sekaligus menguji truk listrik di semua segmen sebagai operasional harian klien kami di seluruh dunia. Adanya inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan hal ini sangat penting. Bersama kita mengembangkan solusi untuk masa depan truk,” jelas Martin.

Dirinya menambahkan, Freightliner juga akan ikut serta meramaikan Consumer Electric Show bulan Januari 2019. “Kita akan mengumumkan komitmen langkah lebih jauh dalam hal terapan teknologi, swa kemudi.” [Kusnadi]

KOMENTAR (0)