Tokyo Motor Show - Left ad
Tokyo Motor Show -Right ad

UD Trucks Gelar 'World Premiere' Kuzer di GIIAS 2017

UD Trucks sebagai salah satu produsen kendaraan komersial bermesin diesel terkemuka asal Jepang menghadirkan 'World Premiere' produk terbaru di segmen light duty yang diberi nama 'Kuzer'. Truk ringan terbaru dari UD Trucks ini menawarkan desain yang unik dan tahan lama, dengan teknologi modern dan mesin dengan tenaga terbesar di kelasnya yang membuat truk ini sesuai dengan motto yang dimiliki yaitu 'Made to Deliver Extra'.

UD Trucks Kuzer ini dirilis untuk memenuhi kebutuhan truk di segmen truk ringan yang meningkat, seiring perekonomian Indonesia yang kian membaik serta iklim usaha dan bisnis yang sehat. Data yang dirilis oleh GAIKINDO menunjukkan peningkatan 11% pada pasar segmen truk ringan bermuatan GVW 5-10 Ton (G/D) di semester 1 tahun 2017 dan hingga saat ini Indonesia masih menjadi pasar terbesar untuk truk segment light duty di Asia Tenggara.

BACA JUGA : Hauwke Auto Galery Hadirkan 'Broadway' di OICCS 2013

Valery Muyard, President Director UD Trucks Indonesia mengatakan bahwa Indonesia dipilih sebagai lokasi World Premiere Kuzer ini, karena potensi pasarnya yang cukup besar dengan peningkatan kebutuhan di segmen truk ringan.

"Indonesia memiliki potensi pasar light duty truck (LDT) yang besar dengan kebutuhan tinggi untuk kendaraan komersial yang efisien dan tahan lama untuk dapat mendukung produktivitas para pelaku usaha dalam pertumbuhan ekonomi sedang berkembang pesat," ungkap Valery Muyard saat ditemui di acara World Premiere Kuzer di GIIAS 2017. "Untuk itu, kami mengumumkan World Premiere Kuzer pertama kalinya di pasar Indonesia untuk dapat mendukung logistik, distribusi, dan perdagangan di Indonesia."

BACA JUGA : Serunya Classic Circuit, Area Bermain Anak di OICCS 2013

UD Trucks sendiri didirikan di Jepang oleh Kenzo Adachi lebih dari 80 tahun lalu, dengan visi "to make the truck the world needs today" ("membuat truk yang dibutuhkan dunia saat ini"). "UD Trucks Indonesia menjawab kebutuhan pasar light duty truck saat ini dengan memperkenalkan Kuzer. Truk ini disiapkan untuk menjadi market leader dengan mesin 150 hp yang bertenaga dan dapat diandalkan, tenaga horsepower terbesar dikelasnya, dan torsi 25% lebih besar dari produk di pasaran dengan segmen yang sama. Namun, tetap efisien dalam bahan bakar dengan mengoptomalisasi driveline berkat teknologi fuel coaching dan telematics," ungkap Valery.

Sementara, Shuichi Shibayama, Director Product Management of UD Trucks menyampaikan kebanggaannya pada produk Kuzer yang telah dikembangkan dan diuji sesuai dengan nilai mendasar UD yaitu 'Ultimate Dependability', sebagai produk yang sangat dapat diandalkan. "Saya sudah menjadi bagian dari perencanaan produk, riset pada kustomer Indonesia, dan quality assurance yang sudah dimulai sejak 5 tahun lalu sebagai feasibility studies," kata Shibiyama.

BACA JUGA : Audi S3 Cabriolet Segera Debut di GIMS 2014

"Diantara berbagai fitur menarik yang dimiliki, hal yang menonjol dari Kuzer adalah kekuatan sasis yang tahan lama dan dapat diandalkan dan sudah diuji di jalan raya Indonesia. Saya yakin dengan standar tinggi yang UD Trucks terapkan pada setiap produk menjadikan kualitas Kuzer dapat sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Indonesia," imbuhnya.

Sebagai kendaraan komersial, Kuzer tidak hanya kuat dan tangguh tetapi juga memiliki desain modern seperti yang dijelaskan oleh UD Trucks Japanese Design Director, Toshio Shiratori. "Kuzer membawa warisan desain kebanggaan UD dengan grille berdesain utama heksagonal. Tampilan desain khas UD ini sudah ditampilkan di seluruh varian produk kami mulai dari Quester hingga produk terbaru New Quon yang telah dirilis terlebih dahulu awal tahun ini di Jepang, dan saat ini digunakan pada Kuzer."

Truk ini dapat melewati akses jalan yang terbatas dan bermanuver secara optimal dengan radius putar rendah, 15% hingga 20% lebih baik, jika dibandingkan dengan produk yang ditawarkan di pasaran sehingga dengan fleksibilitas tinggi dapat 'Delivers Extra'," lanjut Shiratori.

"Selain itu, Kuzer hadir dengan kabin terbesar di kelasnya sehingga menawarkan suasana mengendara yang lebih nyaman, dan dengan bentuk bodi yang lebar membuat truk ini dapat 'Deliver Extra' dengan stabilitas dan kenyamanan mengendara maksimum bahkan di kecepatan tinggi sekalipun. Nama 'Kuzer' ini sendiri sendiri diambil dari terminologi Jepang yang berarti 'berlari seolah terbang dengan cepat melawan angin'," pungkas Shiratori.

UD Trucks menambah nilai lebih untuk produk terbarunya melalui hubungan kerjasama yang telah terjalin lama dengan PT Astra International dalam menghadirkan dukungan aftermarket yang luas dengan fitur pintar yang modern seperti mobile workshops dan dukungan telematics, yang keduanya juga dipamerkan pada ajang GIIAS. Teknologi telematics yang juga hadir di Kuzer memudahkan dalam memantau penggunaan dan performa kendaraan secara berkala dengan peringatan dini pada masalah teknis kendaraan.

"Para pelaku usaha di Indonesia memiliki kebutuhan tinggi untuk kendaraan komersial yang efisien, kuat, dan tahan lama serta memiliki layanan terbaik untuk perawatan kendaraan operasionalnya. Kuzer hadir menjawab kebutuhan tersebut dengan menyiapkan layanan service dan maintenance terbaik melalui dukungan jaringan dealer Astra Internasional yang tersebar di seluruh Indonesia," jelas Aloysius Chrisnoadhi, CEO of Astra International UD Trucks Sales Operation.

Selain memperkenalkan Kuzer, UD Trucks Indonesia juga menghadirkan varian heavy duty truck 'Quester' yang telah sukses serta 6x2 tractor dan 8x2 rigid truck yang turut dipamerkan di booth UD Trucks Indonesia di Hall 3F ICE BSD, di ajang GIIAS 2017. **MS/ Foto-foto: Mike Scorviano

Rate this article:
(Average Rating 4.9 Based on 10 rating)

NEWS Updates

NEWS Updates


Related Articles


Most Popular