Vest EXoskeleton Bantu Ringankan Pekerjaan

Vest EXoskeleton Bantu Ringankan Pekerjaan

Hyundai Motor Group telah mengembangkan Vest EXoskeleton (VEX) baru, robot yang dibuat dan dapat dikenakan membantu pekerja industri yang menghabiskan waktu berjam-jam bekerja di lingkungan overhead.

VEX meningkatkan produktivitas dan mengurangi kelelahan pekerja industri dengan meniru pergerakan sendi manusia untuk meningkatkan dukungan beban dan mobilitas. Rompi yang dapat dikenakan memiliki sumbu polisentris – yang menggabungkan beberapa titik pivot dengan bantuan otot multi-link – agar berfungsi, menghilangkan kebutuhan akan baterai.

Vest EXoskeleton Bantu Ringankan Pekerjaan

Dengan berat 2.5kg, bobotnya VEX 22-42% lebih ringan dari produk pesaing dan dikenakan seperti ransel. Pengguna menempatkan tangan mereka melalui tali bahu rompi, lalu kencangkan dada dan gesper pinggang. Bagian belakang dapat menyesuaikan panjangnya hingga 18 cm agar sesuai dengan berbagai ukuran tubuh, sementara tingkat bantuan gaya dapat disesuaikan dalam enam tingkat – hingga sebanyak 5,5 kgf.

“VEX memberi pekerja dukungan, mobilitas, dan kemampuan beradaptasi yang lebih besar saat beroperasi di lingkungan overhead,” kata DongJin Hyun, kepala tim Robotika dari Hyundai Motor Group. “Pekerja juga akan menghargai betapa ringannya VEX untuk dipakai dan diandalkan bekerja.”

Vest EXoskeleton Bantu Ringankan Pekerjaan

VEX yang baru dikembangkan ditargetkan pada pekerja di lini produksi yang tugas utamanya adalah overhead, seperti membaut bagian bawah kendaraan, memasang tabung rem, dan memasang knalpot.

Pengembangan VEX termasuk program percontohan di dua pabrik Hyundai Motor Group di AS. Percobaan ini berhasil secara luas dalam membantu pekerja dan meningkatkan produktivitas dan kedua pabrik memasukkan sistem VEX dalam jalur produksi mereka.

Vest EXoskeleton Bantu Ringankan Pekerjaan

Grup sedang mempertimbangkan untuk menerapkan VEX pada pabrik di seluruh dunia. Diperkirakan akan memasuki produksi komersial pada bulan Desember oleh Hyundai Rotem dan diproyeksikan biayanya 30% lebih rendah dari produk yang ada yang biasanya berharga sekitar 5.000 dolar.

KOMENTAR (0)