Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya

Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya Willys, sebuah kendaraan produksi perusahaan Amerika, yaitu Overland Motor Company yang kemudian menjadi Overland Motors. Jika menilik sejarah kendaraan dengan dresain Jeep Militer ini sangatlah panjang yang dimulai pada tahun 1908. Selain digunakan untuk sehari-hari, kendaraan ini juga digunakan pada saat Perang Dunia.

Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya Meskipun tergolong langka dan sangat susah untuk mencari spare partnya, namun kendaraan ini masih tetap banyak peminatnya, salah satunya di Indonesia. Bahkan di Indonesia banyak bermunculan klub dan komunitas pecinta Willys, salah satunya adalah Willys Owners Indonesia (WOI).

Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya Berbagai kegiatan pun telah dilakukan oleh komunitas ini, seperti yang baru saja digelar pada taanggal 5-7 April 2019 kemarin, yaitu ‘Willys Owners Indonesia-Carita Charity Gathering 2019’. Dalam kegiatan ini, tim otoblitz.net yang mengikuti perjalanan mereka sempat bertemu dan berbincang dengan dua peserta (Om Aan dan Tubagus Urip Henus) yang merasa sangat bangga bisa memiliki WIllys ini, meskipun untuk merawatnya membutuhkan perjuangan.

Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya Om Aan yang menggunakan Jeep Ford GPW 1944 sejak 10 tahun lalu ini mengatakan bahwa untuk mendapatkan mobil ini membutuhkan perjuangan, karena berebut dengan para kolektor. Apalagi mobil ini ‘Limited Edition’. Sudah termakan usia, hancur saat Perang Dunia II, maka tidak heran banyak penggemar mobil klasik mendambakan bisa memiliki kendaraan ini.

Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya “Awal mendapatkannya pun dalam keadaan yang tidak sempurna. Saya membutuhkan waktu sekitar 4-5 tahun untuk merestorasinya, karena saya berusaha membuat kendaraan ini bisa kembali seperti saat keluar dari pabriknya, termasuk pernak-perniknya,” kata Om Aan.

Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya Ditambahkan oleh Om Aan bahwasannya dirinya telah berusaha sekuat tenaga untuk membuat mobil kembali seperti aslinya. Namun karena kendaraan ini juga buat mobilitas sehari-hari, makanya untuk mesin telah diganti dengan type F- head Hurricane  . “Sangat bangga dengan kendaraan ini, meskipun kadang mengalami kesulitan untuk mencari spare part, namun dengan bergabung di WOI ini semua bisa teratasi,” ungkap Om Aan.

Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya Sementara Tubagus Urip Henus, Ketua Willys Banten Community mengungkapkan bahwa menggemari mobil Willys ini sejak tiga tahun yang lalu. “Sangat susah mendapatkan kendaraan ini, karena unik dan antik. Bahkan jika di sejajarkan dengan Jeep-Jeep jaman sekarang, saya lebih memilih Willys,” ungkap Tubagus.

Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya Dijelaskan oleh Tubagus, meskipun tergolong tua, mobil ini sangat tangguh untuk dikendarai pada medan-medan berat. Namun memang untuk mendapatkan mobil hingga spare partnya sangat susah. Maka untuk itu saya juga bergabung dengan organisasi-organisasi penggemar Willys yang ada di Indonesia.

Willys, Susah Merawatnya Tapi Bikin Bangga Memilikinya “Dengan bergabung di organisasi-organisasi penggemar Willys, selain memudahkan kita untuk mendapatkan spare part juga sekaligus menjadi tempat bagi kita untuk bersilaturahmi dengan sesama pecinta Jeep Willys,”jelas Tubagus yang mengendarai Willys keluaran tahun 1952.

Sedikit informasi bahwa WOI sendiri terbentuk pada tanggal 8 Oktober 2017 dan merupakan wadah wadah berkumpulnya willys owners dari berbagai club jeep dan club independent yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

KOMENTAR (0)