Wow, Kota Ini Berencana Hapus Penggunaan Mobil Pribadi!

Wow, Kota Ini Berencana Hapus Penggunaan Mobil Pribadi!

Di kota besar manapun di seluruh dunia, rasa-rasanya cukup janggal jika kita tak melihat satu pun mobil pribadi yang bersliweran di jalanan kota tersebut. Terlebih, jika kota itu terletak di negara yang terkenal karena industri otomotifnya.

Nah, Hamburg, kota terbesar kedua di Jerman, dikabarkan telah membuat rencana awal yang pada akhirnya akan menghilangkan kebutuhan akan mobil pribadi, dalam kurun waktu 20 tahun kedepan. Sebagai bagian dari ‘Green Network Plan’ itu, infrastruktur yang akan dikembangkan hanya akan mengakomodasi pejalan kaki, pengendara sepeda dan transportasi umum di sekitar kota.

Wow, Kota Ini Berencana Hapus Penggunaan Mobil Pribadi!

Dilansir dari Autoexpress, rencana ini agak bertentangan dengan sejarah mashyur Jerman dengan industri otomotifnya. Jika rencana tersebut jadi diterapkan, raksasa otomotif Jerman seperti BMW, Mercedes-Benz dan Audi tampaknya harus melakukan inovasi dan diversifikasi pada produk mereka jika ingin meraih pasar di Hamburg.

Hampir 40 persen dari total area Kota Hamburg terdiri dari area hijau dan taman. Rencana yang disusun tersebut dimaksudkan untuk menghubungkan daerah-daerah seputar kota dengan lajur sepeda dan jalan setapak, yang memungkinkan orang untuk menjelajahi sebagian besar kota tanpa perlu menggunakan mobil pribadi.

Wow, Kota Ini Berencana Hapus Penggunaan Mobil Pribadi!

Berbicara kepada The Guardian, juru bicara kota Angelika Fritsch mengatakan, “Kota-kota lain, termasuk London, memiliki green rings, namun green network kami akan menjadi unik karena meliputi area dari pinggir hingga ke tengah kota. Dalam 15 sampai 20 tahun kedepan, Anda akan dapat menjelajahi kota secara eksklusif dengan bersepeda atau berjalan kaki.”

Seiring dengan perkembangan zona bebas mobil ini, Kota Hamburg juga akan membangun lebih banyak ruang hijau untuk membantu menyerap CO2 dan mengatur iklim kota. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)