Pelumas Federal Resmi Jadi Bagian dari Exxon Mobil

Pelumas Federal Resmi Jadi Bagian dari Exxon Mobil

Gebrakan yang dilakukan PT Federal Karyatama (FKT) selaku produsen pelumas Federal Oil dan Federal Mobil terus berkembang. Di Tahun 2018 yang usianya sudah 30 tahun ini FKT resmi menjadi bagian dari Esso Petroleum Company, Limited dan ExxonMobil UK Limited (ExxonMobil).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Akta Jual Beli Saham oleh dan antara PT Mitra Pinasthika Tbk (MPMX) sebagai perusahaan induk dari FKT, dan ExxonMobil pada 28 Juni 2018.

Pelumas Federal Resmi Jadi Bagian dari Exxon Mobil

Penandatanganan ini terjadi setelah kedua belah pihak sepakat dengan persetujuan dari para pemegang saham yang diperoleh melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 6 Juni 2018. Nilai keseluruhan transaksi adalah sejumlah USD 436 juta (empat ratus tiga puluh enam juta dolas AS), yang mewakili 100% perubahan kepemilikan saham, atau setara dengan 423.600 saham yang dimiliki MPMX dan anak perusahaannya di FKT.

“Kami bersyukur dan bangga atas hal ini. Upaya kami selama ini dengan terus meningkatkan standar sebagai perusahaan lokal akhirnya menarik minat salah satu perusahaan energi terbesar di dunia, ExxonMobil. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa di ulang tahun kami ke-30 dan sekaligus menantang kami untuk menyongsong 30 tahun berikutnya dengan lebih baik lagi. Akuisisi ini juga membuka peluang-peluang pertumbuhan lebih luas lagi bagi FKT kedepannya.” Kata Patrick Adhiatmaja, Presiden Direktur PT FKT.

Pelumas Federal Resmi Jadi Bagian dari Exxon Mobil

MPMX adalah sebuah perusahaan terkemuka di Indonesia dengan visi untuk memberikan dampak positif pada kehidupan melalui mobilitas yang cerdas dan integrasi sosial. Setelah penyelesaian transaksi ini, MPMX melalui beberapa anak perusahaannya akan tetap menjadi mitra bisnis utama FKT, terutama dalam hal distribusi, penjualan dan pemasaran produk FKT di pasar-pasar utama tertentu, dan menyediakan platform ekosistem terintegrasi (shared economics) dan value proposition yang unggul kepada FKT dan para pelanggannya.

ExxonMobil merupakan perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia, yang menggunakan teknologi dan inovasi untuk turut memenuhi kebutuhan energi dunia yang makin meningkat. Pada tahun 2018, ExxonMobil akan genap terlibat dalam pengembangan industri minyak dan gas di Indonesia selama 120 tahun.

Pelumas Federal Resmi Jadi Bagian dari Exxon Mobil

Sedangkan FKT sudah melalui perjalanan panjang untuk mencapai  titik ini. Pertama kali berdiri pada tahun 1988, perjalanan 30 tahun FKT cukup tangguh melewati banyak tantangan di industri pelumas di Indonesia. Federal Oil (FO) adalah merek pelumas kendaraan roda dua yang diproduksi pertama kali dan pada waktu itu merupakan pelumas resmi sepeda motor Honda. Saat ini, dengan pangsa pasar sekitar 20%, FO merupakan pelumas terbesar di kategori roda dua. Mengikuti geliat pertumbuhan pasar kendaraan roda empat, pelumas Federal Mobil dihadirkan pada tahun 2015 dan terus berkembang memenuhi kebutuhan pasar.

KOMENTAR (0)