Pembangunan Sirkuit Mandalika Dikebut, Ini Detail Fasilitasnya

Pembangunan Sirkuit Mandalika Dikebut, Ini Detail Fasilitasnya

Ajang balap sepeda motor dunia MotoGP akan berlangsung di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada Oktober 2021. Pemerintah tengah membangun sirkuit jalanan di Mandalika yang merupakan sirkuit pertama di dalam area kawasan wisata dunia. Penyelenggara MotoGP, Dorna Sport telah memberikan kontak penyelenggaraannya MotoGP selama sepuluh tahun kepada MotoGP Indonesia.

Construction Enhancement Head The Mandalika, Aris Joko Santoso dan Operation Head The Mandalika, I Made Pari Wijaya menjelaskan perkembangan pembangunan sirkuit jalanan untuk MotoGP Mandalika. “Pengembangan kawasan pariwisata ini membutuhkan dukungan yang luar biasa besar,” kata Made.

Dia meyakini pembangunan sirkuit jalanan MotoGP Mandalika di atas lahan seluas 130 hektare akan rampung pada Juli 2021. Sementara untuk persipan keseluruhan penyelenggaraan MotoGP mandalika. Jadi masih ada waktu sembilan bulan lagi.

Pembangunan Sirkuit Mandalika Dikebut, Ini Detail Fasilitasnya

Aris Joko Santoso menjelaskan, Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC membangun sirkuit jalanan sepanjang 4,3 kilometer yang meliputi 17 tikungan di antara beberapa bukit dalam kawasan. Sirkuit balap sepeda motor yang terletak di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika ini terhubung ke enam pantai dengan garis pantai sepanjang 16 kilometer.

Enan pantai itu adalah Pantai Kuta Mandalika, Pantai Seger, Pantai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Kliu, dan Pantai Gerupuk. Di pantai tersebut terdapat laguna yang dilengkapi fasilitas olahraga air. Tercatat ada 13 investasi senilai Rp 2,885 triliun untuk The Mandalika guna membangun sebelas akomodasi dan dua fasilitas pendukung berupa Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) atau pengolahan air bersih dan pompa bensin.

Akomodasi berupa hotel oleh Pullman, Royal Tulip, Paramount, Golden Tulip, Marriot, Aloft, Mandalika Beach Club, Marta. Ada pula Grand Aston, Cocomart, Laza. Semua akomodasi di The Mandalika itu memiliki 1.268 kamar hotel dengan tambahan 698 kamar hotel yang masih dalam tahap perancangan.

Pembangunan Sirkuit Mandalika Dikebut, Ini Detail Fasilitasnya

Dilansir dari berbagai sumber, Sirkuit MotoGP Mandalika mampu menampung 185.700 penonton. Titik menonton terdiri dari Hospitality Suites berkapasitas 7.700 orang, empat titik lokasi Grand Stand Seating yang satu di antaranya merupakan lokasi utama dan General Admission yang tanpa tempat duduk untuk 138 ribu orang. Area paddock bisa diisi oleh 40 tim.

Sebelumnya, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC, Abdulbar M Mansoer merinci sejumlah sarana pendukung untuk perhelatan MotoGP Mandalika. Ada pembangunan akses jalan langsun atau bypass sepanjang 17,39 kilometer dengan Right of Way jalan selebar 50 meter dari Bandara Internasional Lombok ke The Mandalika oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pembangunan Sirkuit Mandalika Dikebut, Ini Detail Fasilitasnya

Di kawasan wisata Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC membangun proyek Pink Mandalika. Mereka menanam 500 ribu batang bunga bougenville berwarna pink di atas lahan seluas 26,5 hektare sejak Mei 2020. Kebun bunga bougenville itu menambah indah kawasan sekaligus menjadi destinasi wisata.

KOMENTAR (0)