Pentingnya Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Pentingnya Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Rencana pembatasan penggunaan BBM Pertalite dengan nilai oktan 90 tak perlu membuat AutoFamily khawatir, mengingat Auto2000 merekomendasikan kendaraan Toyota bermesin bensin untuk menggunakan BBM dengan nilai oktan atau RON (Research Octane Number) minimal 92 sesuai dengan teknologi dan karakter mesin Toyota yang membutuhkan BBM berkualitas sebagai upaya menjaga performa.

Mesin bensin terkini Toyota di Indonesia sudah mengandalkan teknologi canggih seperti katup variabel ganda (Dual VVT-i. Penghasil tenaga modern seperti ini menuntut kualitas bahan bakar yang sesuai kebutuhan agar dapat bekerja secara optimal.

Pentingnya Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Sesuaikan Nilai Oktan BBM dan Mesin

Pemanfaatan BBM sesuai rekomendasi pabrikan bertujuan untuk kesempurnaan proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Seperti diketahui, mesin mobil zaman now memiliki rasio kompresi yang tinggi. Bahkan untuk mobil LCGC sejenis Agya sekalipun telah memiliki rasio kompresi di atas 10;1 dan membutuhkan bensin dengan RON 92.

Sedangkan BBM dengan nilai oktan yang lebih rendah memiliki sifat mudah terbakar, sehingga jika dipakai pada mesin modern Toyota malah akan terbakar sendiri sebelum busi memercikkan api sesuai siklus kerja mesin alias knocking. Efeknya beragam mulai dari penggunaan BBM yang tak efisien, mobil kehilangan performa sampai pada gangguan mesin seperti knocking.

Pentingnya Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Dan bila  dibiarkan menggunakan BBM yang tak sesuai rekomendasi, dalam jangka panjang mesin lebih cepat kelelahan, sehingga mempercepat proses kerusakan komponen di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memanfaatkan bensin dengan nilai oktan sesuai rekomendasi parbikan. AutoFamily bisa mengeceknya pada buku petunjuk penggunaan kendaraan atau konsultasi dengan service advisor Auto2000.

Artinya AutoFamily tidak akan rugi ketika mengisi BBM sesuai rekomendasi Auto2000. Bahan bakar yang sesuai akan membantu meningkatkan efisiensi mesin yang berujung pada penghematan bahan bakar.

Pentingnya Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Tenaga yang sesuai spesifikasi masin juga membuat AutoFamily tidak perlu memaksakan menekan pedal gas yang membuat boros BBM. Kondisi mesin yang terjaga membuatnya lebih tahan lama sehingga mudah dalam perawatan. Gabungkan semua keuntungan tersebut, biaya operasional mobil dalam jangka panjang akan terasa lebih ringan dan memberikan kenyamanan berkendara.

KOMENTAR (0)