Porsche 718 Spyder RS, Puncak Keluarga Mid-Engined

Porsche 718 Spyder RS, Puncak Keluarga Mid-Engined

Porsche memuncaki model 718 mid-engined dengan mobil sport yang dirancang untuk pengalaman mengemudi maksimum: Porsche 718 Spyder RS baru adalah pendamping dengan atap terbuka dari 718 Cayman GT4 RS. Untuk pertama kalinya, mesin boxer enam silinder alami yang berdaya 368 kW (500 PS) dari 911 GT3 muncul pada mobil sport mesin mid-engined.

Unit daya ringan yang sama dengan desain revving tinggi juga menggerakkan mobil balap Porsche 911 GT3 Cup. Atap soft-top manual yang sangat ringan dan sederhana pada 718 Spyder RS membuat suara mesin yang sangat membangkitkan menjadi pengalaman yang lebih memikat. Efek ini ditingkatkan oleh sistem knalpot sport stainless steel ringan dan saluran masuk udara yang khas di sisi belakang sandaran kepala.

Porsche 718 Spyder RS, Puncak Keluarga Mid-Engined

Mesin alami dengan revving tinggi dan konstruksi yang sangat ringan

Powertrain pada Porsche 718 Spyder RS baru identik dengan 718 Cayman GT4 RS coupe. Mesin boxer enam silinder dengan volume silinder 4,0 liter ini berputar hingga 9.000 rpm dan menghasilkan output 368 kW (500 PS) dan torsi maksimum 450 Newton meter. Dipadukan dengan transmisi PDK tujuh percepatan dengan rasio pendek, mesin enam silinder ini meluncurkan roadster dua tempat duduk dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik. Mobil ini mencapai kecepatan 200 km/jam hanya dalam waktu 10,9 detik.

Dibandingkan dengan 718 Spyder tanpa sebutan ‘RS’, mobil baru ini tidak hanya mendapat keuntungan dari tambahan 59 kW (80 PS), tetapi juga mempercepat akselerasi hingga 100 km/jam setengah detik lebih cepat. Kecepatan maksimum sekarang adalah 308 km/jam daripada 300 km/jam. Seperti setiap model RS modern, Porsche 718 Spyder RS baru tersedia secara eksklusif dengan transmisi dual clutch (PDK) Porsche. Gearbox ini berpindah gigi dengan kecepatan kilat dan menjamin performa maksimum.

Porsche 718 Spyder RS, Puncak Keluarga Mid-Engined

Aerodinamika seimbang

Bagian depan dari Porsche 718 Spyder RS hampir identik dengan 718 Cayman GT4 RS. Bonnet depan standar terbuat dari CFRP dan dilengkapi dengan lubang udara lebar di atas bumper. Dua duct NACA meningkatkan pendinginan rem tanpa mempengaruhi nilai Cd. Sideblade di ujung luar bumper meningkatkan downforce.

Bibir spoiler depan sedikit lebih pendek dari pada 718 Cayman GT4 RS, yang dalam kombinasi dengan sayap belakangnya yang besar menghasilkan downforce keseluruhan yang lebih tinggi pada Cayman dan karena itu membutuhkan bibir spoiler yang lebih besar untuk mencapai keseimbangan aerodinamis. Alih-alih sayap, 718 Spyder RS memiliki tepian yang mencolok berbentuk ducktail. Semua komponen aerodinamika diatur secara rumit. Mereka mempertahankan keseimbangan aerodinamis mobil dan memastikan stabilitas mengemudi maksimum pada kecepatan tinggi.

Porsche 718 Spyder RS, Puncak Keluarga Mid-Engined

Desain soft-top yang murni

Porsche 718 Spyder RS baru dilengkapi dengan soft-top single-layer yang ringan dan dioperasikan secara manual. Desainnya sangat compact, terdiri dari dua bagian: sun sail dan weather deflector. Keduanya dapat dilepas sepenuhnya dan dapat disimpan bersama atau secara terpisah di dalam kendaraan. Sun sail sendiri juga dapat digunakan sebagai ‘Bimini top’, sehingga melindungi pengemudi dan penumpang depan dari sinar matahari yang intens.

Dalam hal ini, kompartemen penumpang tetap terbuka ke samping dan belakang penumpang. Bersamaan dengan weather deflector, ini menciptakan atap lengkap yang memberikan perlindungan efektif terhadap hujan ketika jendela samping dinaikkan. Seluruh atap, termasuk bagian mekanik, hanya berat 18,3 kg. Itu 7,6 kg lebih ringan dari 718 Spyder dan 16,5 kg lebih ringan dari 718 Boxster. Pengemudi yang ingin mengurangi delapan kilogram lagi dari berat kendaraan dapat meninggalkan soft-top di rumah sepenuhnya, jika cuaca memungkinkan.

Porsche 718 Spyder RS, Puncak Keluarga Mid-Engined

Suspensi sport dengan ketepatan dan ketangkasan tertinggi

Chassis 718 Spyder RS menggunakan komponen dari 718 Cayman GT4 RS dan 718 Spyder dan dirancang untuk memberikan kepuasan maksimal dalam mengemudi di jalan berliku. Dilengkapi standar dengan Porsche Active Suspension Management (PASM) dengan sports tuning dan diturunkan sebesar 30 milimeter. Serta dilengkapi juga dengan Porsche Torque Vectoring (PTV) dengan differential mekanik terbatas, bantalan suspensi ball-jointed, dan roda aluminium forged 20 inci.

Perilaku chassis ditandai dengan presisi kemudi yang tajam, serta penanganan yang lincah dan sangat netral. Tinggi berkendara, camber, trek, dan anti-roll bar semua dapat disesuaikan secara individual. Dibandingkan dengan 718 Cayman GT4 RS, tarif per dan peredam telah dikurangi untuk mencapai set-up yang lebih santai, dengan karakteristik convertible style.

Porsche 718 Spyder RS, Puncak Keluarga Mid-Engined

Interior yang berfokus pada performa

Karakter sporty juga mendefinisikan bagian dalam mobil: interior disederhanakan menjadi esensial fungsional dan ergonomis. Stir sports RS yang mempunyai grip yang kuat dilapisi dengan Race-Tex dan dilengkapi dengan tanda kuning pada posisi jam 12. Bucket seats standar terbuat dari CFRP ringan dengan finishing serat karbon dan menawarkan dukungan lateral yang sangat mengesankan. Cover tempat duduk terbuat dari kulit hitam, sedangkan pusat tempat duduk Race-Tex yang berlubang menampilkan warna kontras dengan latar belakang hitam.

Warna kontras yang tersedia adalah Arctic Grey atau Carmine Red. Logo ‘Spyder RS’ dengan warna yang sesuai dijahit di sandaran kepala. Dasbor dan aksen ditutupi dengan kulit. Tersedia warna eksterior empat warna polos dan tiga warna metalik, termasuk Vanadium Grey Metallic yang baru serta warna spesial Arctic Grey, Shark Blue, dan Ruby Star Neo.

Porsche 718 Spyder RS, Puncak Keluarga Mid-Engined

Porsche 718 Spyder RS baru ini dijual mulai dari Rp 2,5 Miliar, dan akan merayakan debut publiknya pada Juni di perayaan 75 tahun Porsche Sports Cars di Stuttgart-Zuffenhausen. Dan setelah itu, mobil ini akan muncul di Goodwood Festival of Speed di Inggris.

KOMENTAR (0)