Porsche Motorsport Akan Kembali Arungi Balap Le Mans

Porsche Motorsport Akan Kembali Arungi Balap Le Mans

Porsche telah menetapkan tujuan untuk musim balapan mobil mendatang dengan 3 mobil balap yang baru dikembangkan dan sebuah visi untuk kendaran kejuaraan one-make dengan tenaga daya listrik. Prototipe hybrid Porsche 963, Formula E electric racer dan mobil experimental GT4 e-performance yang mengandalkan konsep kendaraan listrik.

Porsche Motorsport Akan Kembali Arungi Balap Le Mans

Agenda tahun 2023 diakhiri dengan ekspansi jangka panjang dalam hal kegiatan balap para pelanggan, diantara lain, dengan 911 GT3 R terbaru, dan juga komitmen pabrik yang luas di sektor esports. “Motorsports telah menjadi bagian penting bagi Porsche dan bagian integral dari DNA merek ini. Kami menggunakannya sebagai platform pengembangan untuk teknologi di masa depan dan untuk menunjukkan potensi dari mobil sports kami” kata Michael Steiner, anggota dewan eksekutif di bidang riset dan pengembangan.

Sementara Thomas Laudenbach, wakil presiden Prosche motorsport mengungkapkan, keberlanjutan dan elektrifikasi sangat penting untuk sebuah pabrikan mobil sport seperti Porsche. Kegiatan motorsports kami mencerminkan hal itu.

Porsche Motorsport Akan Kembali Arungi Balap Le Mans

“GT4 e-performance yang baru merupakan contoh. Protipe inovasi tinggi ini mewakili visi kami dalam menciptakan kendaraan balap sport bertenaga listrik. Kami bersaing di Formula E dengan Porsche 99x Electric Gen 3, dan fitur teknologi hybrid terbaru 963. Selama musim 2023, kendaraan 911 GT3 cup di Porsche Mobil1 Supercup telah dijadwalkan untuk beralih ke eFuels dari fasilitas pilot partner kami HIF Global di chile,” ungkap Thomas.

Porsche Motorsport Akan Kembali Arungi Balap Le Mans

Dibawah nama Porsche Penske Motorsport, pabrikan mobil sport Stuttgart bergabung dengan tim balap amerika ternama Team Penske untuk menurunkan sepasang Porsche 963 dan bertarung untuk kemenangan menyeluruh di dua seri ketahanan terbesar. Protitpe balap hybrid ca. 500Kw (680 PS) telah di tes dan dikembangkan dalam sebelas bulan terakhir.

Pekerjaan pengemudi yang terlibat mencakup total 29,713.8 kilometer. 963 akan merayakan debutnya di “Daytona 24 Jam” di awal Januari. Endurance Classic menandai dimulainya musim kejuaraan IMSA. Sepanjang tahun, tim kerja baru juga akan memperebutkan highlight di Sebring dan acara Petit Le Mans di Road Atlanta di Amerika Utara.

Porsche Motorsport Akan Kembali Arungi Balap Le Mans

Selain mengamankan gelar juara dunia di FIA World Endurance Championship WEC, Porsche Penske Motorsport telah mengarahkan  pada tujuan besar lainnya: Pada bulan Juni, tim bertujuan untuk meraih kemenangan keseluruhan ke-20 untuk Porsche di Le Mans 24 Jam dengan 963. Selain Perancis klasik yang akan merayakan hari jadinya yang ke-100 pada 2023, FIA WEC akan dipertandingkan di Portugal, Belgia, Italia, Jepang, Bahrain, dan AS.

Porsche Motorsport Akan Kembali Arungi Balap Le Mans

Sepuluh pembalap dari skuad Porsche Motorsport akan berbagi tugas mengemudi di empat kokpit 963 di World Endurance Championship dan kejuaraan IMSA Amerika Utara. Tim Porsche Penske Motorsport beroperasi di dua lokasi: Cabang di Mannheim (Jerman) bertanggung jawab atas FIA WEC, dengan kendaraan IMSA disiapkan di Mooresville, North Carolina (AS). Di musim perdananya, Porsche 963 baru juga akan tersedia bagi pelanggan untuk bersaing di kedua seri ketahanan tersebut. Tim yang dikonfirmasi adalah JDC Miller MotorSports (IMSA) serta Jota Sport dan Proton Competition (WEC).

KOMENTAR (0)