Darren Palmer: Masa Depan Ford ada di Intuisi Hingga Kardus

Darren Palmer: Masa Depan Ford ada di Intuisi Hingga Kardus

Mobil listrik bergenre Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi produk pertama yang akan diperkenalkan oleh Ford. Tak sungkan mengungkapkan, mengambil inspirasi dari lineup legendaris Ford Mustang.

Mewujudkan SUV listrik ini, seluruhnya di bawah kendali Darren Palmer, statusnya sebagai Ford Team Edison Global Product Development Director.

Darren Palmer: Masa Depan Ford ada di Intuisi Hingga Kardus

Diyakini Darren, tantangan cukup besar dari pihak Ford bersama timnya. Hal ini melihat tumbuh pesatnya kendaraan listrik dan Ford harus bisa unggul di segmen ini.

Jam terbangnya, bersama Ford sepanjang 28 tahun, Darren menimba ilmu di Jerman, India, China, Amerika Selatan dan Inggris yang merupakan negara kampung halamannya.

Darren Palmer: Masa Depan Ford ada di Intuisi Hingga Kardus

“Tim dan saya sangat bangga mendapat tantangan ini apalagi mendapat suntikan dana dari perusahaan sebesar $ 11 miliar untuk menghadirkan 16 kendaraan murni listrik untuk pasar global dari 40 kendaraan listrik yang akan hadir hingga tahun 2022,” ujar Darren.

Tim Edison Global ini akan berpusat di kota lama kehadiran Ford di Corktown, Detroit. Bahkan menggunakan gedung lama yang dulunya menjadi fasilitas produksi Ford.

Darren Palmer: Masa Depan Ford ada di Intuisi Hingga Kardus

“Tapi jangan salah duga, semua fasilitasnya ternyata berubah. Benar-benar menunjukkan arah baru Ford dan mempersilakan tim untuk menjalankannya dengan cara berbeda.”

Darren Palmer: Masa Depan Ford ada di Intuisi Hingga Kardus

“Memang, berubah itu tidak terjadi dalam satu malam, tapi bagi tim kami semuanya bergerak sangat cepat. Tim saling berbagi fungsinya, bisa saja suatu hari duduk di samping pemasaran mobil listrik, kadang dengan periset kendaraan listrik atau kopi bareng dengan strategi pengisian ulang baterai.”

 

Darren Palmer: Masa Depan Ford ada di Intuisi Hingga Kardus

Dirinya menggambarkan bahwa tantangan terbesar adalah human centric dengan apa yang harus dilakukan. “Bukanlah bertumpuk data sejarah untuk mempersiapkan kendaraan listrik – artinya Anda tak sekadar melihat ke belakang apa yang terjadi sebelumnya dan menggunakan itu sebagai inspirasinya untuk apa yang dilakukan selanjutnya. Dunia secara fundamental berubah, dan kita harus mendengarkan dan memahami konsumen dan merekalah yang terlibat langsung.”

Darren Palmer: Masa Depan Ford ada di Intuisi Hingga Kardus

“Sebagai contoh, dalam perjalanan saya ke Shanghai, kita melihat bagaimana keluarga besar menggunakan kendaraan mereka. Kita semua salah mengira bagaimana mereka masuk dan keluar dari kendaraan tiga baris tempat duduk.”

“Saya, pastinya mengira anak-anak akan lompat ke baris ketiga – tapi nyatanya saya salah. Di China, anak-anak akan langsung duduk di baris kedua tempat di mana mereka segala macam mainannya. Nenek langsung duduk di depan, sedangkan kakek akan duduk di baris paling belakang.”

“Ini menunjukkan dan memang mau tak mau harus menerima untuk belajar dari sesuatu yang baru dan diterapkan untuk meningkatkan pengalaman konsumen. Kita bisa melihat hasil masukan ini dan menjadi mendesain kendaraan yang memang sesuai kebutuhan serta tepat untuk pasar yang unik.”

“Protoype juga punya peran penting dengan apa yang kita lakukan, memungkinkan kita untuk melakukan berbagai ubahan hasilkan produk terbaik dan melayani sebaik mungkin. Memiliki fleksibilitas untuk belajar dan beriterasi adalah kesempatan yang besar. Apa yang saya pelajari adalah desain harus berdasarkan intuisi. Hal ini juga bisa ditemui saat melihat anak kembar saya usia 6 tahun bermain dengan iPhone hanya untuk mengetahui desain intuitif. Tak terbayang bagaimana bentuk prototype yang mengilap dan mahal. Pelanggan tak peduli tentang itu – kadang prototipe dari kardus saja sudah cukup memberikan masukan.”

“Cara berpikir seperti ini adalah bagian dari mantra tim kami yang baru untuk bergerak cepat. Faktanya, sebagai pengingat hal tersebut, saya menyimpan salah satu prototype pertama sistem infotainment untuk salah satu kendaraan listrik baru kami. Ini benar-benar karton, dengan sepotong cangkir plastik yang menempel dengan selotip. Ada yang coba saya tunjukkan adalah inovasi tidak harus mahal. Tapi harus pintar. Saya saat ini dikelilingi oleh orang terpintar.”

“Konsumen kendaraan listrik adalah pembeli di masa depan dan tim kami 100 persen fokus tak sekadar menghadirkan kendaraan yang akan dicintai tapi menghadirkan ekosistem kendaraan listrik yang bekerja lancar.”

“Sungguh mengasyikkan untuk mengetahui bahwa kepemimpinan dalam perkembangan generasi masa depan Mustang juga sekaligus mempersiapkan mobil listrik yang terispirasi dari kemampuan Mustang. Saya tak sabar untuk menyandingannya dengan Shelby GT350R.”

KOMENTAR (0)