Renault Perkenalkan Otonom EZ-POD

Renault Perkenalkan Otonom EZ-POD

Pabrikan otomotif Perancis, Renault kembali melansir konsep desain mobil listrik berteknologi swa-kemudi terbaru dari seri EZ. Mobil yang diberi label EZ-POD tersebut berbasis dari Renault Twizy.

Rancang bangun mobil ini memanfaatkan sasis mobil swa-kemudi Renault Twizy dengan memadukan desain, fungsi serta utilitas dari konsep mobil listrik terdahulu Renault yakni EZ-GO dan EZ-PRO.

Renault Perkenalkan Otonom EZ-POD

EZ-POD dirancang sebagai alat transportasi mikro komuter dalam kota. Melihat bentuknya yang sangat mungil sekitar tiga meter persegi, EZ-POD jauh lebih mirip sebuah skuter listrik roda 4 daripada sebuah mobil.

Dengan dimensinya yang seukuran skuter besar serta kecepatan laju yang dibatasi tak lebih dari 6 km/jam seperti sebuah golf chart membuat EZ-POD dapat melintasi trotoar yang lebar dan jalur pedestrian.

Renault Perkenalkan Otonom EZ-POD

Dengan kecepatan laju yang rendah, EZ-POD terbilang cocok dan aman untuk digunakan sebagai kendaraan shuttle antar-jemput untuk barang belanjaan berbobot ringan, penumpang serta anak-anak dengan jarak tempuh yang dekat.

Perangkat teknologi yang dibekalkan pada EZ-POD pun terbilang cukup lengkap, seperti kamera pemandu serta LIDAR pada bagian depan, radar jarak jauh dan jarak menengah pada bagian belakang serta perangkat GPS.

Renault Perkenalkan Otonom EZ-POD

EZ-POD mengingatkan saya pada mobil masa depan dalam sejumlah film fiksi ilmiah beberapa dekade silam. Kendaraan futuristik tersebut kini dapat terwujud menjadi nyata berkat perkembangan teknologi yang pesat.

“Perkembangan kendaraan otonom di masa depan bergantung pada riset pengaplikasian untuk masing-masing kebutuhan yang spesifik yang dilakukan sejak saat ini,” terang Frederic Auzas, Robo-vehicle Program Manager at Groupe Renault.

Renault Perkenalkan Otonom EZ-POD

Dengan keberadaan EZ-POD, mobilitas penumpang dan barang jarak dekat dalam kota akan menjadi semakin mudah. Pembangunan infrastruktur pendukung mobil listrik di Eropa akan mendukung pertumbuhan kendaraan semacam EZ-POD di masa depan. [Aditya Hanindyo]

KOMENTAR (0)