Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Lengkap BMW R18 ‘Big Boxer’

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Lengkap BMW R18 'Big Boxer'

Mewakili perubahan kebijakan oleh produsen otomotif asal Bavaria, Jerman, BMW R18 tampaknya akan menjadi andalan baru ketika mulai dipasarkan pada tahun 2020 mendatang, dengan apa yang disebut sebagai “mesin boxer terbesar yang pernah digunakan dalam produksi sepeda motor.

BMW Concept R18 pertama kali diluncurkan awal tahun ini di ajang Concorso d’Eleganza Villa d’Este dan memukau penonton dengan ambisinya untuk mendominasi pasaran motor cruiser. Tak lama berselang, BMW Concept R18/2 disajikan di ajang EICMA 2019, sebuah varian sporty khas BMW.

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Lengkap BMW R18 'Big Boxer'

Sementara publik saat ini sudah mengetahui wujud dari BMW R18 terbaru ini, pabrikan Jerman tersebut telah menawarkan lebih banyak detail dengan mengungkapkan spesifikasi dari motor kebanggaan BMW yang dinamai ‘Big Boxer‘.

Mengenang kembali ke mesin boxer 70 tahun yang lalu, BMW telah mempertahankan ciri khas unit boxer dengan ‘laterally controlled valves’, crankshaft dengan bantalan utama di pusatnya untuk mencegah getaran dan dua batang penghubung dengan I-shaft dipasang pada bantalan standar.

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Lengkap BMW R18 'Big Boxer'

Mesin berpendingin udara/oli yang diusungnya memiliki empat katup, pengapian ganda, ruang pembakaran modern, intake manifold, serta sistem manajemen mesin BMS-O.

“Keuntungan dari ‘boxer camshaft kembar’ adalah pushrod yang lebih pendek,” demikian rilis resmi dari BMW. “Ini juga mengurangi massa gerak, meminimalkan defleksi dan perluasan linier rendah. Penggerak katup dengan control presisi yang telah ditingkatkan dan stabilitas kecepatan yang lebih tinggi, merupakan konsekuensi dari konstruksi yang lebih rumit ini.”

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Lengkap BMW R18 'Big Boxer'

Sedangkan untuk spesifikasi lengkapnya, BMW R18 dilengkapi dengan mesin boxer twin-silinder 1802 cc dengan bore 107 mm dan piston aluminium stroke 100 mm. Mesin berbobot 244.3 Ibs  dan menghasilkan 91 HP, ditambah torsi 116.5-ft.lbs pada 3.000 rpm dengan maksimum 5.750 rpm.

Mengingat banyak yang berharap bahwa BMW R18 versi produksi akan tampil di EICMA, sayangnya masih belum ada detail kapan motor cruiser ini akan secara resmi diluncurkan, selain rumor yang beredar bahwa motor akan siap dikirim pada tahun 2020. **MS

KOMENTAR (0)