Sebentar Lagi, SIM Bisa Digunakan Untuk Alat Pembayaran

Sebentar Lagi, SIM Bisa Digunakan Untuk Alat Pembayaran

Sebagai salah satu identitas seseorang pernah dibandingkan kecanggihannya dengan KTP Elektronik sejumlah negara. Satu kemampuan yang tidak dimiliki KTP elektronik kita adalah tidak bisa untuk bertransaksi.  Nah, info terbaru yang sedang marak beredar sekarang adalah fitur uang elektronik tersebut justru bakal ditrerapkan pada Surat Izin Mengemudi (SIM), dimana Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan meluncurkan Smart SIM dan Grand Launching akan dilaksanakan 22 September 2019, bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Irjen Polisi Refdi Andri, Kepala Korlantas mengatakan, Smart SIM itu bisa digunakan sebagai kartu uang elektronik. Nantinya Smart SIM bakal bisa diisi dengan saldo maksimal Rp 2 juta.“Bisa digunakan untuk e-money, bisa menjadi uang elektronik dan saldo yang kita siapkan maksimal Rp 2 juta,” kata Refdi.

Sebentar Lagi, SIM Bisa Digunakan Untuk Alat Pembayaran

Ditambahkan oleh Refdi bahwa Polri akan berkerjasama dengan beberapa bank dalam melakukan pengembangan E-SIM ini, diantaranya, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan satu bank swasta.

“Hingga saat ini pihaknya masih melakukan ujicoba terhadap Smart SIM, karena kami ingin saat diluncurkan nanti sudah berfungsi secara maksimal. Smart SIM ini nanti juga akan ditananam chip untuk keperluan data yang isinya mulai dari nomor telepon orang terdekat hingga data forensic, seperti semua data forensik kepolisian (lengkap) serta identitas pemegang SIM,” ungkap Refdi..

Sebentar Lagi, SIM Bisa Digunakan Untuk Alat Pembayaran

Jika dilihat secara tampilan fisik, kartu Smart SIM tidak berbeda jauh dengan kartu SIM biasa. Smart SIM didominasi warna putih dan merah. Pada bagian atas kartu terdapat tulisan ‘Indonesia’. Persis di bawahnya, terdapat tulisan ‘surat izin mengemudi’.

Logo Kepolisian Negara Republik Indonesia terletak di pojok kiri atas. Foto pemilik SIM berada di sebelah kiri. Pada bagian tengah terdapat data pribadi pemilik, di antaranya nama, tempat tanggal lahir, golongan darah-jenis kelamin, tempat tinggal, dan pekerjaan.

Sebentar Lagi, SIM Bisa Digunakan Untuk Alat Pembayaran

Masa berlaku SIM ada apa bagian pojok kanan bawah. Kemudian, pada bagian belakang dilengkapi dengan dualhidden image bertuliskan “SIM & INA” dan microtext bertuliskan “SIM”. Adapun perbedaan warna terlihat kentara pada bagian belakang SIM, untuk SIM lama memiliki warna latar biru, sementara untuk Smart SIM berwarna latar putih. ***Foto-foto: Istimewa

KOMENTAR (0)