Smart Car Karya 3 Mahasiswa UGM Berhasil Juara di London

Smart Car Karya 3 Mahasiswa UGM Berhasil Juara di London

Festival tahunan Shell Make the Future Live yang digelar di London, Inggris pada 5 – 8 Juli 2018 menjadi ajang membanggakan bagi bangsa Indonesia dan juga Asia. Tiga mahasiswa Indonesia dari Universitas Gadjah Mada (UGM),  berhasil menjadi juara kompetisi Shell Ideas360 2017/2018.

Mereka adalah Herman Amrullah, Sholahuddin Alayyubi, dan Thya Laurencia Benedita Araujo mengusung gagasan di sektor energi berjudul “Smart Car Microalgae Cultivation Support (MCS)” pada Kamis (5/7) di London, Inggris.

Smart Car Karya 3 Mahasiswa UGM Berhasil Juara di London

Tim Smart Car MCS dari UGM berhasil mengalahkan 4 tim finalis lainnya yang berasal dari 4 negara berbeda yaitu tim mahasiswa dari American University of Sharjah (Uni Emirat Arab), University of Texas (Amerika Serikat), University of Bordeaux (Perancis) dan University of Melbourne (Australia).

Shell Ideas360 adalah sebuah ajang kompetisi yang menantang para mahasiswa seluruh dunia untuk mengembangkan beragam ide dan gagasan dalam menghadapi tantangan global di sektor energi, pangan dan air. Kompetisi yang telah dimulai sejak tahun 2013 ini menjadi bagian dari festival inovasi Shell Make the Future.

Smart Car Karya 3 Mahasiswa UGM Berhasil Juara di London

“Kami sangat senang dapat mengambil bagian dalam ajang ini dan menjadi juara di kompetisi adu gagasan inovasi bergengsi dunia Shell Ideas360,” kata Herman, tim manajer Smart Car MCS. Ia dan anggota timnya sangat bersyukur atas pencapaian yang luar biasa atas gagasan Smart Car Microalgae Cultivation Support.

“Keberhasilan kami ini tentunya tak lepas dari dukungan serta do’a dari banyak pihak termasuk teman-teman, orang tua, dosen pembimbing kami yaitu bapak Yano Surya Pradana, S.T., M.Eng dan Hanifrahmawan Sudibyo,S.T.,M.Eng, Universitas Gadjah Mada dan masyarakat Indonesia. Kami juga sangat berterimakasih kepada Shell yang telah memberikan kesempatan kepada kami para generasi muda dengan memberikan wadah berupa kompetisi untuk mengeksplorasi gagasan-gagasan inovatif  khususnya dalam menghadapi tantangan global,” tambah Herman.

Keberhasilan Tim Smart Car MCS, ternyata tak hanya sukses merebut hati para juri melalui gagasan Smart Car Microalgae Cultivation Support, namun juga berhasil mendapatkan dukungan terbanyak dalam jajak pendapat dan menjadi gagasan terfavorit pilihan publik atau Audience Choice. Gagasan mobil pintar tim Smart Car MCS dinilai sebagai  sebuah ide yang paling inovatif dalam membantu dunia di masa depan. Suara yang didapat dalam jajak pendapat ini menyumbang 20% skor/nilai dalam penentuan pemenang hadiah utama musim ini.

Smart Car Karya 3 Mahasiswa UGM Berhasil Juara di London

Darwin Silalahi, President Director & Country Chairman PT Shell Indonesia menyampaikan rasa bangga serta bahagia atas perjuangan dan pencapaian Tim Smart Car MCS dari Universitas Gadjah Mada. “Selamat kepada tim mahasiswa Smart Car MCS atas keberhasilan yang luar biasa menjadi juara kompetisi Shell Ideas360. Pencapaian tingkat dunia yang diraih Tim Smart Car MCS ini merupakan hal yang sangat membanggakan, tidak hanya untuk tim dan almamaternya tetapi juga untuk bangsa Indonesia. Kami memberikan apresiasi tinggi atas kreativitas dan kerja keras tim dalam menemukan gagasan revolusioner yang bermanfaat untuk masyarakat dunia di masa depan.”

Lebih lanjut Darwin menambahkan bahwa generasi muda memegang kunci untuk menghadapi beragam tantangan dalam bidang energi, pangan dan air di saat ini dan masa depan. Oleh karena itu, Shell sebagai perusahaan energi memiliki komitmen dalam turut mendorong generasi pemimpin dan inovator masa depan untuk memikirkan tantangan global akan ketersediaan energi, pangan dan air dalam beberapa dekade mendatang.

 

KOMENTAR (0)