Suzuki Ertiga Support Concept, Mencoba Ramah Pada Disabilitas

Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)  2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan Suzuki Ertiga Support Concept sebagai kendaraan yang ramah disabilitas.

Suzuki memperkenalkan di GIIAS selama sebelas hari 2-12 Agustus. Dijelaskan oleh Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS ketika berbincang dengan rekan jurnalis, 7 Agustus.

“Kami mendevelop dengan melihat adanya kebutuhan yang ramah terhadap penumpang yang disabilitas. Adanya fitur ini memudahlan penggunanya turun dari kendaraan. Berbasis dari All New Ertiga, untuk disabilitas di baris pertama sisi penumpang,” ujar Yulius.

Dirinya menjelaskan bagaimana pengoperasian, “Hanya menarik tuasnya sekali saja kursi bisa berputar 90 derajat. Kami menghadirkan konsep yang sederhana dan ramah, semoga hasil studi ini lanjut, kita berharap bisa ramah untuk disabilitas dan juga murah.”

Yulius menegaskan Suzuki memang sedang studi untuk Ertiga dan juga untuk unit Suzuki lain. Serta menghitung biaya untuk produksinya.

Suzuki mencoba melihat bagaimana mobil keluarga, serta target para manula yang memang kebanyakan kesulitan guna membantu naik ke kendaraan.

Alasan kenapa baris pertama ditempatkan support seat, dijelaskan oleh Yulius, “Kami melihat baris pertama banyak ruang yang dapat diperhatikan utamanya ruang kaki yang cukup besar memberikan kenyamanan. kami mencoba membuatnya senyaman mungkin, kami tak menutup kemungkinan untuk baris kedua.”

Mohammad Edi, Group Head 1 of Product Development SIS menambahkan,  “Dari sisi kursi secara mekanisme kita membuat sistem agar penggunanya mudah untuk mengoperasikan dan aksesnya. Ubahannya tidak mengubah dari fungsi kursi tersebut. kursi masih standar hanya mekanisme swiffer yang berbeda.”

FOTO: Agus Budi

 

KOMENTAR (0)