Volkswagen ID.R Ingin Patahkan Rekor Mobil F1 di Goodwood 2019

Volkswagen ID.R Ingin Patahkan Rekor Mobil F1 di Goodwood 2019

Persaingan teknologi antara mesin bensin dan motor listrik sepertinya kian memanas untuk tahun ini di Goodwood Festival of Speed 2019, 4-7 Juli. Penantangnya Volkswagen ID. R mematahkan rekor tercepat di Goodwood Hillclimb.

Sedianya Volkswagen akan memboyong lagi mobil balap listriknya ID.R ke Goodwood Hillclimb dan mematahkan rekor yang sudah bercokol hingga 20 tahun lalu.

Rekor tersebut dibubuhkan Nick Heilfeld pada tahun 1999 dengan menggunakan mobil balap Formula 1, McLaren-Mercedes MP4/13. Menggunakan mesin V10 bertenaga sekitar 750 hp.

Volkswagen ID.R Ingin Patahkan Rekor Mobil F1 di Goodwood 2019

Goodwood tahun lalu di antara peserta yang ikutan, ID.R sempat menjadi yang tercepat di lintasan Hillclimb. Namun untuk posisi secara keseluruh dari masa-kemasa gelaran Goodwood, masih berada di posisi tiga.

ID.R saat itu bubuhkan waktu 43,86 detik, sedangkan McLaren Mercedes MP4/13 torehkan 41,6 detik.

“Pergeseran tengah terjadi di industri kendaraan dan juga di motorsport. Mobil listrik menjadi semakin kuat dan telah lama mencapai tingkat yang sama dengan mobil bermesin bakar,” ujar Volkswagen Motorsport Director Sven Smeets.

Volkswagen ID.R Ingin Patahkan Rekor Mobil F1 di Goodwood 2019

Romain Dumas

“Di Goodwood kami ingin menunjukkan bahwa mesin listrik ID.R dapat mengimbangi Formula 1. Bagaimanapun juga kemungkinan Romain Dumas bisa sukses menantang Nick Heidfeld bergantung pada kondisi lintasan di akhir pekan,” jelasnya.

Penyempurnaan pada Volkswagen ID.R di Goodwood Hillclimb berbanding tahun lalu adalah ukuran baterai lithium ion yang terpasang serta pengeturan tenaganya.

“Evolusi pada ID.R adalah mengoptimalkan akselerasinya,” ujar François-Xavier Demaison, Technical Director at Volkswagen Motorsport.

“Di Goodwood yang paling diperhitungkan adalah maksimum tenaga dan bobot minimumnya. Ketika dikendarai, bobot ID.R tak sampai 1.000 kg,” ungkapnya. [KCH]

KOMENTAR (0)