VW Group Dan Porsche Sumbang Jutaan Euro Untuk Ukraina

VW Group Dan Porsche Sumbang Jutaan Euro Untuk Ukraina

Konflik dan perang di belahan benua Eropa antara Ukraina dan Rusia mulai terasa pengaruhnya di berbagai sektor, termasuk sektor otomotif dunia. Meskipun Rusia hanya mempertahankan apa yang seharusnya menjadi milik mereka, namun banyak negara Eropa lebih mendukung Ukraina.

Sejumlah perusahaan otomotif pun telah
menangguhkan operasi mereka di Rusia dan menawarkan dukungan untuk Ukraina. Salah satunya Porsche, pabrikan asal Jerman yang dikabarkan sudah menyumbang 1 juta euro (Rp15,7 miliar) untuk negara Volodymyr Zelenskyy itu dan akan dibagikan kepada dua organisasi.

Sumbangan sebesar 750.000 euro (Rp11,7 miliar), akan disumbangkan ke UN Refugee Aid, asosiasi Jerman yang bermitra dengan UN Refugee Agency, grup yang juga menerima satu juta euro dari perusahaan induk Porsche, Volkswagen Group.
Kemudian, sisanya yang berjumlah 250.000 euro (Rp3,90 miliar) akan disumbangkan ke Ferry Porsche Foundation, dengan fokus kepada anak-anak dan dewasa muda.

VW Group Dan Porsche Sumbang Jutaan Euro Untuk Ukraina

Memang, Porche dan Volkswagen Group bukanlah satu-satunya perusahaan otomotif ternama dunia yang menyumbang untuk Ukraina. Akhir pekan lalu, Mercedes-Benz juga telah menyumbangkan satu juta euro kepada Red Nation untuk bantuan khusus ke Ukraina.

Tak ketinggalan, Ford juga mengumumkan penangguhan semua operasi di Rusia sambil menyumbangkan 100.000 dolar AS (Rp1,44 miliar) ke Global Giving Ukraine Relief Fund.

Selain sumbangan, banyak pembuat mobil telah menghentikan operasi di wilayah tersebut. Sebut saja, Toyota menutup pabrik manufaktur mereka di St. Petersburg sejak 4 Maret. Fasilitas tersebut bertanggung jawab membangun Camry dan RAV4, terutama untuk pasar Rusia.

Volvo, Jaguar, dan Land Rover juga telah menangguhkan operasi di negara itu. Honda, General Motors, dan Mazda pun, ikut menghentikan ekspor ke Rusia.

VW Group Dan Porsche Sumbang Jutaan Euro Untuk Ukraina

Rencananya, Hyundai akan segera menutup pabrik di St. Petersburg, namun berencana untuk buka kembali pada 9 Maret. Perang juga menambah masalah rantai pasokan bagi para pabrikan, yang sebelumnya sudah berurusan dengan krisis semikonduktor.

Komponen Wire harness dari pemasok di wilayah tersebut telah mempengaruhi jalannya produksi BMW, Audi, Porsche, dan Volkswagen. Sekitar 22 perusahaan otomotif memiliki investasi pada 38 pabrik di Ukraina, mempekerjakan lebih dari 60.000 karyawan lokal.

KOMENTAR (0)