Intermeccanica Indra

Intermeccanica Indra

Intermeccanica Indra adalah model mobil sport Italia yang dibangun di atas platform Opel Diplomat. Melakukan debut perdananya di ajang Geneva Motor Show 1971, mobil dimaksudkan untuk menggantikan Intermeccanica Italia yang telah beredar sebelumnya. Nama ‘Indra‘ mungkin diberikan pada model ini untuk menghormati salah satu dewa agama Hindu bernama sama.

Intermeccanica (secara resmi bernama Construzione Automobili Intermeccanica) adalah produsen mobil yang didirikan di Turin, Italia, pada tahun 1959 oleh Frank Reisner. Perusahaan kemudian pindah ke Amerika Serikat, lalu ke Kanada, dan saat ini perusahaan dipimpin oleh putra Frank, Henry Reisner.

Intermeccanica Indra

Menggunakan seorang dealer Jerman, Erich Bitter sebagai perantara, Frank Reisner menandatangani kontrak untuk penyediaan suku cadang dengan General Motors Corporation. Pada saat yang sama, ia menerima hak untuk menjual modelnya di Eropa melalui dealer-dealer Opel, sebelum ia berhasil kembali ke pasar Amerika di tahun 1973.

Intermeccanica Indra

Intermeccanica Indra ditawarkan dalam tiga bodystyle: convertible dua penumpang, coupe dua penumpang, serta coupe 2+2 dengan pintu ketiga berlapis kaca. Keseluruhan varian Indra ini dirancang oleh desainer otomotif kenamaan Franco Scaglione dan memiliki kemiripan dengan Maserati Ghibli (secara profil) maupun Lamborghini Islero (dari tampilan belakangnya).

Intermeccanica Indra

Dengan bodi panjang meruncing berbentuk baji, lampu depan pop-up kembar, bemper berlapis krom dibelah dua, lampu belakang belakang rendah yang diadopsi dari Alfa Romeo Giulia dan kisi-kisi horizontal di sayap depan Indra, mobil ini tampak sangat sporty dan aerodinamis. Bodi terbuat dari baja dan dilas ke bingkai tubular dengan jarak sumbu roda 2.500 mm.

Intermeccanica Indra

Di bawah kap mesin, mobil dibekali pilihan mesin Opel enam silinder segaris berkapasitas 2.8-liter dengan kekuatan 180 hp, atau mesin Chevrolet V8 327 berkapasitas 5.4 liter bertenaga 250 hp. Yang pertama ditawarkan hanya dengan gearboks manual 4-percepatan, sementara opsi kedua tersedia pula dengan transmisi otomatis 3-percepatan. Mobil dilengkapi pula dengan suspensi depan independen pada wishbone ganda dan pegas, poros belakang dan rem cakram De Dion di semua roda.

Intermeccanica Indra

Kolaborasi antara Intermeccanica dan General Motors sebenarnya agak mirip dengan kemitraan antara De Tomaso dan Ford, namun berakhir dua tahun sebelumnya karena fakta bahwa mesin Intermeccanica sering mengalami masalah yang pada akhirnya memerlukan biaya garansi yang besar.

Intermeccanica Indra

Interaksi lebih lanjut dengan GM dilanjutkan oleh Erich Bitter, yang meluncurkan mobil sportnya sendiri dengan nama Bitter CD. Bagi Intermeccanica, ini berarti ‘chapter terakhir’ bagi mereka, setidaknya dalam sejarah mereka di Italia selama beberapa dekade. Dari tahun 1971 hingga 1974, total hanya 127 unit Intermeccanica Indra yang diproduksi, terdiri dari 60 unit convertible, 40 unit coupe dengan dua jok, dan 27 unit coupe 2+2. **MS/ Foto-foto: Carstyling.ru

KOMENTAR (0)