Toyota Century First Generation

Toyota Century First Generation

Toyota Century (Bahasa Jepang: トヨタセンチュリ ーToyota Senchurī) adalah model mobil limousine ukuran penuh yang diproduksi mulai tahun 1967 hingga sekarang, berfungsi sebagai mobil flagship eksklusif Toyota khusus untuk pasaran Jepang.

Produksi Toyota Century generasi pertama dimulai pada tahun 1967, dan mobil hanya menerima perubahan kecil sampai desain ulang pada tahun 1997. Century mengambil namanya dari ulang tahun ke-100 Sakichi Toyoda (lahir 14 Februari 1867), pendiri Toyota Industries.

Toyota Century First Generation

Dproduksi secara eksklusif, Toyota Century hanya digunakan oleh pihak Rumah Kekaisaran Jepang, para Perdana Menteri, pemimpin senior pemerintahan, hingga kalangan pengusaha eksekutif tingkat tinggi di Jepang.

Jika boleh dibandingkan, Century sejajar dengan model mobil mewah Austin Princess/ Daimler DS420, Cadillac Series 70, Mercedes-Benz 600, hingga Rolls-Royce dan limousine ZIL 111 dari Rusia.

Toyota Century First Generation

Toyota Century generasi pertama hanya tersedia dengan mesin V8; ini merupakan model sedan ketiga buatan Jepang era pascaperang, pada saat diperkenalkannya pada tahun 1967. Mobil dilengkapi dengan mesin V8 3V berdimensi 159 kubik inci berkapasitas 2.599 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 150 hp (112 kW).

Walaupun Century adalah sedan mewah ukuran penuh yang premium, mobil tidak dijual di dealer mana saja; ia hanya dapat dibeli di lokasi Toyota Store yang diidentifikasi secara spesifik. Logo yang digunakan di seluruh model disebut Hō-ō 鳳凰 atau Fushichō dari mitologi Asia, mewakili Rumah Kekaisaran Jepang.

Toyota Century First Generation

Pesaing terdekat Century di Jepang adalah Nissan President, dengan reputasi status yang sama, meskipun selama era 1960-an dan 1970-an posisi pasar yang tinggi juga berbagi dengan Mitsubishi Debonair. Pesaing lainnya juga termasuk ​Isuzu Statesman de Ville dan Mazda Roadpacer (dari produk General Motors-Australia).

Selama ekonomi Jepang berkembang pesat, produksi Toyota Century meningkat dua kali lipat (dari 1.027 unit hingga tahun 1985, menjadi 2.117 unit pada tahun 1989). Pada Oktober 1989, Century Limousine juga diperkenalkan untuk kalangan yang menginginkan kemewahan lebih.

Toyota Century First Generation

Setelah sekitar 30 tahun, generasi pertama Toyota Century akhirnya mendapat desain ulang yang signifikan pada tahun 1997, memberi jalan bagi generasi kedua untuk diluncurkan. **1001 Cars to Dream of Driving Before You Die/MS

KOMENTAR (0)