CVT

Kepada Otoblitz,

Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke salah satu dealer Datsun di kawasan Bintaro. Saat memperhatikan model
terbaru Datsun Cross yang dilengkapi dengan transmisi otomatis (CVT), saya juga melihat-lihat ruang mesinnya dan ternyata tidak ada dipstick yang biasanya terdapat pada transmisi otomatis. Pertanyaan saya, bagaimana caranya mengecek kondisi pelumas transmisinya (CVT)? Terima kasih atas penjelasan Otoblitz.

Iwan Setiawan, Bintaro

Mas Iwan,

Menurut penjelasan dari pihak PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang menaungi merek Datsun, memang transmisi CVT pada Datsun Cross tidak dilengkapi dengan dipstick. Untuk mengetahui kondisi pelumas CVT, pemeriksaan harus dilakukan di bengkel resmi Datsun. Begitu juga untuk proses penambahan atau penggantian pelumas CVT, harus dikerjakan oleh bengkel resmi.

Interval penggantian pelumas CVT terdapat dalam buku manual pemakai. Boleh jadi, hal tersebut dilatar belakangi oleh kejadian di masa lalu ketika terjadi kesalahan penambahan atau penggantian pelumas CVT yang dilakukan oleh pemakai mobil. Mungkin karena menganggap pelumas CVT sama dengan pelumas ATF, maka pemilik mobil memakai pelumas ATF untuk pelumas CVT yang menyebabkan kerusakan serius pada unit transmisi.

KOMENTAR (0)