ROTOR REM

Halo Otoblitz,

Belakangan ini sering melihat banyak pemakai mobil yang memasang beraneka rupa rem cakram, mulai yang standar hingga yang berlubang-lubang. Sebetulnya apa kelebihan dari setiap model rem cakram model tersebut? Kenapa pabrikan tidak membuat rem cakram model kompetisi untuk produk yang mereka jual?

Apriyanto, Bintaro

Mas Ariyanto,

Secara umum ada empat macam rotor rem; rotor standar, rotor jenis slotted, rotor jenis drilled, dan rotor jenis drilled & slotted. Masing-masing rotor menawarkan keunggulan dibanding yang lainnya. Rotor jenis standar menawarkan kompromi terbaik antara performa, harga, dan keselamatan untuk pemakaian dalam kondisi normal. Lalu rotor jenis slotted dengan alur khusus memiliki kelebihan dalam hal ventilasi dan membuang air maupun debu dari permukaan cakram serta brake pads.

Sedangkan rotor jenis drilled memberikan keunggulan berupa kemampuan melepas panas dan humiditas yang optimal sehingga memaksimalkan performa sistem rem dijalan normal maupun di sirkuit. Terakhir, rotor jenis drilled & slotted yang dirancang khusus untuk memaksimalkan kerja sistem rem dengan cara mendinginkan rotor dan melepas panas.

KOMENTAR (0)